Ketum MUI: Teruslah Semangat dan Kreatif Membuat Karya Bermanfaat

Sambutan Ketua Umum MUI
Malam Anugerah Syiar Ramadhan 2019/1440 H

Yang Saya Hormati

Ketua Komisi Penyiaran Indonesa Pusat
Menteri Pemuda dan Olahraga RI
Direksi Bank Mandiri Syariah
Pimpinan Majelis Ulama Indonesia
Panitia Gabungan Anugerah Syiar Ramadahan 2019 dari MUI, KPI, Kemenpora, dan Bank Mandiri Syariah

Assalamu’alaikum Wr Wb

Alhamdulillah, penyelenggaraan Anugerah Syiar Ramadhan (ASR) tiap tahun selalu mengalami kemajuan. Awalnya, pada pertengahan 2000-an, Anugerah ini diselenggarakan MUI sendirian. Tahun 2015 lalu, Anugerah ini diselenggarakan MUI bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Dua tahun kemudian, tahun 2018, Kementerian Pemuda dan Olahraga bergabung mendukung, memberi tambahan penghargaan untuk beberapa kategori bidang kepemudaan. Tahun ini, Bank Mandiri Syariah turut berpartisipasi, dengan menambah penghargaan di bidang Syariah Lifestyle, pada program yang bermuatan literasi keuangan syariah, gaya hidup halal, maupun spirit hijrah ke arah yang lebih baik.

Syiar Ramadhan, khususnya yang diselenggarakan dunia televisi, penting untuk terus kita apresiasi, kita motivasi, agar produknya semakin positif, semakin mendidik, dan semakin sejalan dengan spirit Ramadhan. Terhadap program TV Ramadhan yang belum baik, terus kita berikan masukan perbaikan. Untuk itulah, Tim Komisi Infokom MUI setiap Ramadhan selalu melakukan ekspos hasil pantauan TV Ramadhan.

Tentu, produk televisi yang positif, kita harapkan, tidak hanya muncul di bulan Ramadhan. Lalu setelah Ramadhan berubah jadi tak terkendali. Bukan demikian. Ramadhan dijadikan momentum untuk evaluasi, perbaikan, dan tempat berlatih memproduksi program positif. Sebagaimana fungsi ibadah Ramadhan, sebagai tempat berlatih untuk perbaikan akhlak di sepanjang tahun.

Saya sampaikan terima kasih kepada Ketua KPI Pusat, para komisioner KPI, dan seluruh seluruh awak KPI yang siang malam menyiapkan acara ini bersama Tim kami dari MUI. Terima kasih pula dukungan dari Menpora, khusus Kedeputian Pengembangan Pemuda. Juga terima kasih kepada Bank Mandiri Syariah, yang tahun ini menjadi Shohibul Makan wal Makanan.

Kepada seluruh penerima Anugerah dan nominee, saya sampaikan Selamat. Teruslah bersemangat dan kreatif membuat karya yang bermanfaat pada umat dan bangsa. Insya Allah, karya Bapak Ibu semua ini akan menjadi amal jariyah, menjadikan rizki Bapak Ibu sekalian semakin berkah, keluarga Bapak Ibu semakin sakinah, penuh mawaddah wa rahmah.

Hadir pula malam ini, para peserta Rapat Koordinasi Nasional Bidang Infokom MUI, dari MUI provinsi seluruh Indonesia dan MUI Kota/Kabupaten se-Jabodetabek. Mereka tengah membahas Strategi Konsolidasi Nasional MUI Menghadapi Disrupsi Informasi. Bersama ini, saya juga ingin menyatakan Membuka Rakornas yang dimulai hari ini, semoga menghasilkan rekomendasi dan rencana kerja yang strategis dan bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Prof Dr KH Ma’ruf Amin
Ketua Umum MUI



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development