Standardrisasi Tata Kelola Organisasi, MUI Supervisi ke Daerah

Medan – Dalam rangka standardrisasi tata kelola organisasi, Dewan Pimpinan Majelis Ulama (MUI) Pusat di membuat langkah-langkah keorganisasian yang sistematis dan terstuktur. Salah satu upaya berupa Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke MUI Provinsi untuk menerima informasi dan data pengelolaan organisasi MUI Provinsi sekaligus memberikan supervisi secara langsung.

Terkait dengan hal tersebut, Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia Pusat mengirim Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dengan koordinator wilayah Sumatera 1 ke Majelis Ulama Indonesia Provinsi Sumatera Utara. Delegasi terdiri dari Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Fatwa KH Sholahuddin Al- Aiyub, M.Si didampingi Sekretaris Komisi Dakwah MUI Ahmad Zubaidi, MA dan Wakil Sekretaris Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LPLH & SDA-MUI) Mifta Huda, S.Pd.I, M.E.Sy. Kedatangan delegasi disambut dengan hangat oleh jajaran pengurus MUI Provinsi Sumatera Utara, Rabu (17/7/2019).

Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Fatwa KH Sholahuddin Al Aiyub, M.Si, memimpin langsung aktivitas monev di MUI Sumatera Utara. Dalam sambutannya, KH Sholahuddin Al Aiyub, M.Si mengapresiasi kinerja dan pencapaian MUI Sumatera Utara atas harmonisasi kegiatannya dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Al-Aiyubi juga mengingatkan terhadap tiga tugas utama MUI dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Khadimul Ummah (menjaga umat), Shadiqul Hukumah (partner pemerintah) dan Tauhidul Ummah (menyatukan umat).

Sementara dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum MUI Provinsi Sumatera Utara, Prof. Dr. H. Abdullahsyah, MA, menjelaskan pencapaian-pencapaian yang telah diraih pihaknya diantaranya adanya komitmen Pemprov Sumut yang akan membantu pembangunan gedung baru MUI Sumut di atas tanah seluas 5 Hektar.

“Salah satu capaian kami telah disetujui dari Pemerintah Provinsi akan membangunkan gedung MUI di atas tanah 5 hektar. Semoga rencana ini segera terwujud”, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Sekretaris Umum MUI Provinsi Sumatera Utara Dr. H. Ardiansyah, Lc, MA memperlihatkan video desain gedung baru MUI Provinsi Sumatera yang memvisualisasikan miniatur gedung dan semua fasilitasnya seperti Masjid, Laboratorium, Diklat Pelatihan, Wisma.

Pada waktu yang bersamaan, Tim lain juga mengunjungi ke beberapa MUI Provinsi lain. Hasil monev dan supervisi dari seluruh MUI Provinsi seluruh Indonesia akan dijadikan sebagai bahan Rapat Kerja Nasional MUI yang akan diselenggarakan di Mataram pada 11-13 Oktober 2019. (Ikhwan/Thobib).



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development