Apakah ada kaitan antara Jihad dengan Terorisme?

Tidak ada kaitan antara jihad dengan terorisme. Jihad jelas untuk mewujudkan kebaikan, sedangkan terorisme tindakan merusak dan tidak berprikemanusiaan.

Penjelasan

Islam sangat memuliakan jiwa manusia, sehingga tidak boleh nyawa seseorang itu dihilangkan tanpa alasan syar’i. Islam sangat menghargai kehidupan, sehingga membunuh satu orang saja tanpa alasan yang benar sama dengan membunuh manusia semuanya.

Allah SWT berfirman:

مَن قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا

“..barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya…”

Terorisme dalam bentuk apapun juga sangat dilarang oleh Islam, apalagi terorisme yang sampai mengorbankan diri sendiri untuk melukai atau membunuh orang lain.



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development