Innalillah, Wasekjen MUI Periode 2015-2020 Nadjamuddin Ramly Wafat

JAKARTA — Wasekjen MUI periode 2015-2020 bidang Kerukunan Antar Umat Beragama Nadjamuddin Ramly meninggal dunia, Sabtu (20/1) malam. Buya Nadjam, begitu dia disapa, meninggal di rumah sakit Santo Borromeus, Bandung, Jawa Barat. Beliau wafat saat berjuang melawan Covid-19.

Buya Nadjam merupakan kader Muhammadiyah yang ada di MUI. Selama di MUI, beliau terkenal vokal dan kerap menyuarakan idenya secara terbuka dalam rapat-rapat. Karena itu, di kalangan internal MUI, beliau sangat dikenal banyak orang.

Selain di MUI, Buya Nadjam sebelumnya juga menjabat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya (WDB) Ditjen Kebudayaan.

Di akhir-akhir masa khidmahnya sebagai pengurus MUI, beliau sangat aktif mensosialisasikan penanganan Covid-19. Sebagai salah satu pimpinan Satgas Covid-19 MUI periode lalu, beliau aktif membagikan sumbangan yang dititipkan ke MUI kepada masyarakat yang membutuhkan. Beliau juga aktif membangun jejaring bersama Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) sehingga sinergi dengan MUI bisa berjalan optimal.

Saat terjadi Gempa di Masamba, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, beliau pula yang memimpin tim MUI untuk datang ke sana, membagikan bantuan kepada korban yang membutuhkan.

Semoga almarhum khusnul khotimah. Al fatihah. (Azhar/Din)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia