Opini: Mengawali Lembaran Pasca Lebaran

opini:-mengawali-lembaran-pasca-lebaran

Mengawali Lembaran Pasca Lebaran
Dr. Efa Rodiah Nur, MH.
Dekan Fakultas Syari’ah UIN Raden Intan Lampung

Idul Fitri adalah adalah hari kemenangan, hari dimana Allah memberikan hadiah untuk umat yang beriman agar senantiasa menjaga dan membentengi ketaqwaan pasca puasa ramadhan yang dijalani selama satu bulan lamanya.
Pada hari idul Fitri, dihalalkan segala corak makanan dan diharamkan segala bentuk puasa, karena merupakan puncak dimana setiap insan kembali kepada fitrah yang didapatkan sebagai bentuk keindahan dalam ajaran Islam.
Halal bi halal selama lebaran menjadikan kita semakin bersih dan lebur, sebagai simbul fitrah insaniyah, karena kita telah melakukan beberapa kearifan, silaturahmi dan saling memaafkan sebagai bentuk muamalah sesama insan yang merupakan aplikasi ahklakul karimah karena telah melakukan bentuk rendah hati (tawadhu’) yang terpancarkan dari setiap sanubari relung-relung hati yang sangat mendalam tanpa bentuk diskriminasi ataupun paksaan.
Halal bi halal yang menjadi sarana silaturahim untuk meleburkan segala kesalahan, akhirnya pun hati kita menjadi bersih, karena telah merasa lega dan tenang atas segala khilaf dan dosa yang mungkin tanpa sadar kita lakukan. Sebagai insan yang tidak lepas dari lupa, dan selalu melakukan bentuk kemaksiatan dan dosa terpancar dalam sikap dan akhlak yang begitu arif dan penuh kebanggaan.
Pada saat ini, kita memulai aktivitas kembali, jika saat ramadhan atau menjelang idul fitri kita mudik dengan begitu semangat ingin berjumpa dengan keluarga, sanak famili dan sahabat, saat ini kita mulai beraktivitas kembali, bekerja dan berkarya, mengukir kebaikan dalam bentuk ibadah dan muamalah. Maka daripada itu, agar aktivitas kita senantiasa dalam keridhaan-Nya, setidaknya iman dan taqwa yang kita jadikan tujuan selama ramadhan senantiasa menancap dalam hati dan jiwa kita, hingga pada saat ini kita memulai segala aktivitas dengan bekal keimanan dan ketaqwaan sebagai benteng dari segala kemaksiatan dan terjerumus nya hamba pada lembah dosa dan kemubadziran.
Untuk itu, mari kita bentengi segala amaliyah kita pasca lebaran ini dengan keikhlasan dan ketulusan dengan tetap menjaga iman, Islam kita menuju ridha Ilahi.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia