Wapres Ajak Semua Pihak Mempererat Silaturahim

JAKARTA–Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin menyerukan kepada semua pihak untuk memanfaatkan momentum lebaran ini untuk mempererat silaturahim.

Kiai Maruf mengingatkan, jangan sampai kepentingan sesaat bisa merusak persaudaraan sesama umat dan bangsa.

“Jadi persaudaraan sebangsa itu jangan karena persoalan-persoalan sesaat, karena kepentingan kelompok kemudian dikorbankan,” kata Kiai Maruf dalam kegiatan Halalbihalal yang digelar oleh MUI, di Ballrom B.J Habibie Muamalat Tower, Jakarta, Selasa (17/5).

Untuk itu, Kiai Maruf menegaskan bahwa semua pihak tidak boleh merusak ukhuwah (persaudaraan), baik itu ukhuwah islamiyah (persaudaraan sesama Muslim), maupun ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sebangsa dan setanah air).

Wapres mengatakan, salah satu tugas perkhidmatan MUI yaitu untuk mempersatukan umat sangat lah berat.

Hal ini, menurut kiai Maruf, sekarang ini zamannya kesamaran terhadap kebenaran dan banyaknya fitnah-fitnah yang muncul.

“Ini kalau kita tidak pagari, zamanul iltibas wal fitan, ini berbahaya sekali,”tegasnya.

Oleh karena itu, kata kiai Maruf, upaya silaturahim sangat diperlukan agar bangsa ini tidak terpecah dan terbelah.

“Boleh saja aspirasi itu di dalam negara demokrasi begitu boleh, asal jangan melampaui batas-batas kesepakatan-kesepakatan yang sudah ada,” jelasnya.

Kiai Maruf berpesan, apabila kesepakatan yang sudah ada tidak dipatuhi, bisa berakibat perpecahan antar umat dan bangsa.

(Sadam Al-Ghifari/Angga)



Leave a Reply

Yayasan Wakaf Darulfunun