Site icon Darulfunun El-Abbasiyah

MUI Gowa Resmi Dilantik, Bupati Beri Kantor Sekretariat

mui-gowa-resmi-dilantik,-bupati-beri-kantor-sekretariat

Gowa, muisulsel.com – Pasca diadakannya Musyawarah Cabang Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Gowa beberapa waktu yang lalu dengan terpilihnya kembali Ketua Umum yang lama untuk masa periode berikutnya, Ketua Umum MUI Sulawesi Selatan AG. Prof. Dr. KH. Najamuddin, Lc., MA melantik pengurus baru Ketua Umum MUI Gowa Drs. KH. Abu Bakar Paka secara definitif.

Pelantikan pengurus MUI Gowa yang mengusung tema Dengan Rapat Kerja kita Tingkatkan Peran Ulama Sebagai Pewaris Nabi dan Khadimul Ummah dalam Memelihara Ukhuwah dan Keutuhan Bangsa disaksikan langsung oleh unsur Forkopimda Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Galesong Kantor Bupati Gowa, Sabtu (24/09/2022)

Ketua Umum MUI Sulsel AG. Prof. Dr. KH. Najamuddin, Lc., MA, melantik Pengurus MUI Gowa yang terpilih

Pada sambutan pertama diawal kepengurusannya yang baru KH. Abu Bakar Paka mengungkapkan bahwa ulama itu harus terjun langsung ke masyarakat atau ke pesantren-pesantren. Mengingat adanya laporan masyarakat tentang suatu paham yang tidak selaras dengan syariat Islam, tugas ulama lah untuk meluruskan pemahaman-pemahaman tersebut.

“Ini adalah salah satu isu yang menarik di masyarakat khususnya di kabupaten Gowa, sebab paham ini sudah menyebar ke pulau tetangga di mana paham tersebut mengharamkan makan daging apa saja dengan alasan-alasan yang tidak sah di dalam Islam,” Ulas KH. Abu bakar Paka yang juga pernah menjadi Kepala Kantor Departemen Agama Kab. Gowa.

Ketua Umum MUI Sulsel AG. Prof. Dr. KH. Najamuddin, Lc., MA memberikan sambutan usai melantik Pengurus MUI Gowa yang baru

Adapun Ketua Umum MUI Sulawesi Selatan dalam sambutannya menekankan agar ulama dapat bersinergi dengan pemerintah dan masyarakat karena ulama adalah pewaris para nabi. “MUI itu ada tiga motto yang dipegang. Pertama adalah Khadimul Ummah artinya pelayan umat, yang kedua Shadiqul Hukumah mitra pemerintah, dan yang ketiga yang terakhir adalah Dima’il Ummah penjaga umat,” tegasnya.

Lanjutnya, peran ulama sangatlah besar dalam masyarakat apalagi untuk menjawab isu-isu yang berkembang maka Majelis Ulama wajib untuk meluruskannya.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan YL. SH, MH memberikan sambutan pada Pelantikan dan Rapat Kerja MUI Gowa

Di depan para Ulama Gowa, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan menguraikan tentang tugas-tugas dan landasan pemerintah. Diawal sambutannya Bupati dua periode ini mengungkapkan program Pemerintah Kabupaten Gowa yang akan melaunching program baru yaitu program Tahfidz Quran pada setiap kecamatan.

“Mohon doa dan restunya Insya Allah bulan depan pemerintah akan melaunching sebuah program pendidikan Tahfidz Alquran, dimana para santrinya setelah 3 tahun menjadi penghafal, lalu kuliah selama setahun di kampus UIN Alauddin dapat bebas memilih satu mata kuliah di bidang keagamaan di UIN. Itu adalah MoU kami dengan pihak kampus,” pungkasnya.

Bupati Gowa pun menambahkan bahwa Pesantren Tahfidzul Quran tersebut terletak jalan poros provinsi di kecamatan Bajeng dengan luas kurang lebih 1,3 hektar.

Ketua Umum MUI Sulsel, Bupati Gowa, dan Ketua Umum MUI Gowa berfoto bersama dengan seluruh pengurus MUI Gowa usai pelantikan dan pembukaan Rapat Kerja MUI Gowa

Hal lain yang paling menarik dalam sambutannya adalah Bupati menjanjikan kepada MUI Gowa akan memberikan fasilitas kantor sekretariat. “Insya Allah, doakan saja setelah pembahasan APBD perubahan, saya telah menganggarkan untuk merenovasi sebuah kantor dan setelah selesai baru saya serahkan kepada MUI Kabupaten Gowa,” ungkap keponakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut Wakil Bupati Gowa, Forkopimda Gowa, Kakan Kemenag Agama, Ketua Pengadilan Agama, Kaban Kesbangpol dan seluruh pengurus Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Gowa. (NAP)

The post MUI Gowa Resmi Dilantik, Bupati Beri Kantor Sekretariat appeared first on MUI Sul Sel.

Exit mobile version