HIKMAH HALAQAH: Kemuliaan Majelis Zikir

hikmah-halaqah:-kemuliaan-majelis-zikir

Makassar, muisulsel.com – Puncak dari suatu ibadah umat muslim adalah zikir, sebab zikir inilah yang menjadi jalan tol tercepat untuk mendekatkan diri kepada Allah serta mengharapkan ridhaNya.

Ibadah zikir ini bisa dilakukan secara sendiri-sendiri maupun secara berjamaah, yang istilah populernya adalah Majelis Zikir.

Kita bisa menjumpai di berbagai tempat Majelis Zikir ini, dan bukan tanpa sebab mengapa Majelis Zikir ini dianjurkan oleh Nabi shallallahu slaihi wasallam.

Pernah suatu waktu Nabi berjalan dan menemui sekelompok orang yang sedang duduk lalu Nabi bertanya, “Apa yang kalian lakukan?”, lalu mereka menjawab: kami sedang duduk dan berdzikir serta memuji kepada Allah. kemudian apa jawab Nabi?, lalu Ia bersabda bahwa baru saja Malaikat Jibril berbisik kepadaku bahwa Allah swt membangga-banggakan kalian dengan Majelis Zikir ini di hadapan para malaikatnya. Hadis dari Muakadzah ra.

Dari keterangan hadis ini telah menjelaskan tentang keutamaan-keutamaan dari Majelis Zikir atau pengajian-pengajian, sebab Allah sendiri yang membanggakan hambaNya di hadapan para malaikat dan bukan hanya itu. Allah telah memerintahkan para malaikatnya untuk berjalan dan mencari orang-orang yang berkumpul lalu berzikir.

Oleh karenanya jika kita berjumpa dengan sekelompok orang yang berzikir, sebaiknya kita ikut atau setidaknya duduk dan mendengar sebab orang yang berzikir itu ibarat berada di taman-taman surga.

Lalu apa lagi yang menjadi keutamaan-keutamaan zikir berjamaah dalam Majelis Zikir?, apakah Zikir sendiri-sendiri itu juga memiliki keutamaan yang tidak kalah dengan zikir berjamaah? (NAP)

Simak ulasannya dalam tayangan berikut ini

The post HIKMAH HALAQAH: Kemuliaan Majelis Zikir appeared first on MUI Sul Sel.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia