GORESAN HATI: Inilah Jenis Nafkah Tertinggi dan Terluhur

goresan-hati:-inilah-jenis-nafkah-tertinggi-dan-terluhur

Makassar, muisulsel.com – Seorang suami mukmin berkewajiban menafkahi keluarganya. Ia juga dituntut berinfaq untuk orang-orang yang jadi tanggung jawabnya serta orang-orang yang berada di lingkungan sekitarnya.

Menafkahi keluarga menjadi tanggungan suami tetap prioritas utama.

دِينَارٌ أنْفَقْتَهُ في سَبيلِ اللهِ، وَدِينار أَنْفَقْتَهُ فِي رَقَبَةٍ، وَدِينارٌ تَصَدَّقْتَ بِهِ عَلَى مِسْكِينٍ، وَدِينَارٌ أنْفَقْتَهُ عَلَى أهْلِكَ، أعْظَمُهَا أجْرًا الَّذِي أَنْفَقْتَهُ عَلَى أهْلِكَ)). رواه مسلم

Dari Dinar (uang) yang dinafkahkan di jalan Allah, yang dinafkahkan untuk membebaskan budak, yang dinafkahkan bagi fakir miskin, dan yang dinafkahkan bagi keluarga, maka yang dinafkahkan kepada keluarga nilainya lebih tinggi dibanding yang dinafkahkan dari selain itu (HR Muslim).

Menafkahi keluarga saja cukup bagi seorang mukmin sebagai bekal pahala baginya di hari akhirat. Selain itu apa yang dinafkahkannya itu akan dibalas tunai di sisi Allah Swt.

وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُه} [سبأ: 39

Suatu apa pun yang kamu infakkan pasti Dia akan menggantinya.

Berinfaq dalam Islam dinilai sebagai tangan di atas. Selain akan diberi pahala berlimpah di akhirat, hal itu juga dijadikan sebagai ciri orang yang beriman di sisi Allah swt. Tangan di atas (memberi) dinilai sebagai tangan yang sangat mulia.

Imam Ibnu Hajar al Askalani 820 H berkata bahwa urutan keutamaan tangan-tangan itu adalah yang terbaik adalah tangan di atas, lalu tangan yang menahan diri dari mengambil sesuatu yang bukan haknya, lalu tangan yang menerima sesuatu tanpa meminta. Adapun tangan yang derajatnya paling rendah adalah tangan yang suka meminta-minta.

Menafkahi keluarga dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab akan mendapatkan imbalan pahala yang agung di dunia maupun akhirat. Mari ikhlaskan nafkah bagi keluarga dan juga orang lain. (Irfan)

The post GORESAN HATI: Inilah Jenis Nafkah Tertinggi dan Terluhur appeared first on MUI Sul Sel.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia