Disampaikan pada Pengajian bulanan Komunitas Muslim Indonesia di Birmingham (Forum Jumat & Asy-Syifa), United Kingdom, 6 Februari 2016
Buya Afifi Fauzi Abbas
YAYASAN WAQAF DARUL FUNUN EL ABBASIYAH, Padang Japang, VII Koto Talago Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat
Pengertian :
Beberapa terminology yang digunakan dalam wacana Islam ketika membahas masalah kewarisan dalam Islam :
- Fikih Mawaris
- Ilmu Faraidl
- Tirkah
Mawaris berarti warisan – jadi stresingnya mengkaji persoalan warisan; mulai dari harta warisan, yang mendapat warisan dan pembagian warisan masing, penyebab seseorang dapat warisan dll
Ilmu faraidl yaitu lebih menekankan tentang ketetapan pembagian warisan yang diterima oleh masing masing ahli waris, artinya tentang peruntukan masing masing ahli waris dan cara membaginya sampai pada teknis operasionalnya.
Tirkah lebih menekankan kajian tentang harta peninggalan artinya harta warisan – harta warisan yang bisa dibagi terutama setelah menunaikan wasiat dan membayar utang. Besaran wasiat yg harus ditunaikan dan pembayaran utang dikaitkan dengan harta peninggalan, dst.
Jadi pengertian dari hokum kewarisan Islam itu adalah :
- Penentuan bagian bagi ahli waris
- Ketentuan bagian warisan yg ditetapkan oleh syariat Islam
- Ilmu fikih yg berkaitan dengan pembagian warisan serta mengetahui perhitungan dan kadar yang harus diterima oleh masing masing yg erhak
- Hokum yg mengatur t tapa yg harus terjadi dg harta kekayaan seseorang yg meninggal dunia
Hukum Mempelajarinya :
Ulama sepakat untuk menyatakan hukumnya fardlu kifayah, hal ini didasarkan pada sebuah hadis :
Pelajarilah ilmu faraidl dan ajarkanlah pada orang lain, sesungguhnya ilmu ini adalah separo dari semua ilmu, dan ilmu inilah pertama sekali kelak tercabut dari umatku. ( HR. Ibn Majah dan Daru Quthny)
Dasar Pewarisan :
Sebelum Islam :
a. Pertahanan kekerabatan (al-qarabah):
- – anak laki laki
- – saudara laki laki
- – paman
- – anak laki laki paman
b. Janji prasetia (al-hilf wa al muaqqadah) ; janji setia saling mewarisi, bisa perorangan dan bisa juga kabilah.
c. Pengangkatn anak-adopsi (tabanny).
Pada masa awal Islam :
- Pertalian darah
- Janji prasetia
- Pengangkatan anak
- Hijrah
- Ikatan persaudaraan antara muhajirin dan anshar
Masa Islam :
- Turun ayat 11 s/d 14 surat al-Nisa’ maka dijelaskan siapa saja ahli waris tsb dan apa dasarnya ia dapat warisan dan berapa besar peruntukan untuk masing masingnya.
- Setelah turun ayat 4-5 surat al-Ahzab yg melarang pewarisan anak angkat
- Sebelum warisan dibagi maka ada 3 kewajiban ahli waris yang harus ditunaikan :
- Tajhizul jenazah : perawatan jenazah ; memendikan, mengafani, mensalatkan dan menguburkan
- Menunaikan wasiat si mati jika ada
- Membayar hutang hutang si mati
Ahli Waris :
- Nasabiyah; karena punya hubungan darah:
- Anak laki-laki – anak perempuan
- Cucu laki laki – cucu perempuan dr pihak anak laki-laki
- Ayah – ibu
- Kakek dr pihak Ayah – nenek dr pihak ayah
- Sdr laki laki sekandung – nenek dari pihak ibu
- Sdr laki laki se ayah – sdr perempuan sekandung
- Sdr laki laki se ibu – sdr perempuan se ayah
- Anak laki laki dr sdr laki laki sekandung – sdr perempuan se ibu
- Anak laki laki dr sdr laki laki se ayah – Istri
- Paman sekandung – Mu’tiqah (irrelevan)
- Paman se ayah
- Anak laki laki paman sekandung
- Anak laki laki dr paman se ayah
- Suami
- Mu’tiq (irrelevan)
- Sababiyah ; perkawinan atau perjanjian
- Suami
- Istri
Macam macam pembagian :
- Ahli waris ashabusl furudl :
- 2/3 ; anak atau cucu perempuan jika berbilang dan tidak bersama anak atau cucu laki laki
- ½ ; anak atau cucu perempuan jika sendiri dan tidak bersama anak atau cucu laki laki
- 1/3 ; ibu atau nenek jika tidak ada anak, cucu atau sdr yg berbilang. 1/3 tambah sisa dalam kasus qarwain
- ¼ ; istri jika si ati tak punya anak
- 1/6 ; cucu jika bersama anak perempuan dan tidak ada cucu laki laki, bapak atau kakek jika ada anak laki atau cucu laki laki, dan ditambah sisa jika bersama cucu anak atau cucu perempuan ( kasus kalalah)
- 1/8 ; istri jika si mati punya anak
- ‘Ashabah ; pewarisan sisa ashabul furud yaitu buat anak laki atau cucu laki laki atau paman atau anak paman
- Zawil Arham ; ahli waris punya hubungan darah tapi menurut ketentuan al-Quran mereka tidak menerima warisan, mereka berfungsi sebagai ahli waris pengganti ketika ashabul furudl dan ahli waris sababiyah tidak ada.