Sikapi Polemik Tanah Wakaf, Komisi Hukum MUI akan Adakan Talkshow Hadirkan Kepala BPN

sikapi-polemik-tanah-wakaf,-komisi-hukum-mui-akan-adakan-talkshow-hadirkan-kepala-bpn

FOKUS, muisulsel.com — Komisi Hukum MUI Sulsel rencana adakan Talkshow dengan pembahasan tanah wakaf pada 26 Januari mendatang di Sekertariat MUI Sulsel. Hal ini disampaikan sekretaris Komisi Hukum MUI DR H Nurdin Tajry SH MH di Makassar, Kamis (20/1/2022).

Nurdin mengungkapkan tanah wakaf sampai hari menjadi polemik terutama di Sulsel. Banyak kasus di lapangan membuktikan bahwa banyak masyarakat yang belum paham tanah Wakaf. Penjelasan dari sudut pandang hukum dan agama perlu ditingkatkan.

“Kita akan mengundang perwakilan Badan Pertanahan Negara (BPN) Sulsel sebagai pemateri. Banyak perspektif yang perlu dibicarakan terutama pembahasan mengenai tanah wakaf yang sampai hari ini masih banyak menjadi polemik,” imbuhnya.

Praktek di lapangan masyarakat masih bingung dengan masalah status tanah wakaf. Tanah wakaf juga tidak boleh ditukar, diubah peruntukannya, dijual dan dialihfungsikan. Praktek di lapangan masih ada orang yang mau mengambil alih tanah yang sudah diwakafkan baik itu berupa masjid ataupun sekolah.

Persoalan ini sebagai bahan kajian dan diskusi untuk menghasilkan rumusan baru terutama memberi wawasan kepada masyarakat tentang tanah wakaf.

“Kita berharap dengan hadirnya Kepala BPN Sulsel nanti dapat mempermudah penjelasan tanah wakaf terutama memudahkan bagi warga yang mengurus surat tanah wakaf, ” tutupnya.

Tema yang akan menjadi pembahasan adalah “Peran BPN dalam Sertifikasi Tanah Wakaf”.

Pemateri yang rencananya akan dihadirkan selain Kepala BPN Sulsel, juga akademisi Prof DR H Abrar Saleng SH MHum, Prof DR H Laode Husen SH MH, DR KH Muammar Barky Lc MA dan Drs KH Alwi Nawawi.■ Irfan

The post Sikapi Polemik Tanah Wakaf, Komisi Hukum MUI akan Adakan Talkshow Hadirkan Kepala BPN appeared first on MUI SULSEL.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia