Tantangan MUI: Bersikap Proporsional

Salatiga – Tantangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) ke depan adalah mengedepankan sikap proporsional dalam banyak bidang. MUI tidak sepatutnya bermain di wilayah praktis.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Menteri Agama RI Prof. Dr. Abu Rokhmad, M.Ag. dalam kegiatan silaturrahmi dan halaqah ulama tantangan MUI dalam menghadapi persoalan bangsa di Hotel Laras Asri, Salatiga, Sabtu malam, 27 November 2021.

“Tantangan MUI adalah bersikap proporsional, tidak masuk di politik secara berlebihan. Arah sekarang itu, menurut saya, mengkhawatirkan. MUI seyogyanya dapat menangkap persoalan-persoalan politik dan sosial agar dapat berkontribusi besar dalam menjaga keislaman dan keindonesiaan,” kata guru besar UIN Walisongo Semarang ini.

Lebih lanjut, Prof Abu menyampaikan bahwa sejak media sosial menjadi gaya hidup masyarakat, maka persoalan-persoalan seputar di bidang digital membutuhkan kedewasaan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Tak sedikit pihak menyerang MUI di jagad sosial. Menurut Prof Abu, hal itu bisa terjadi salah satunya karena kiprah MUI tidak proporsional dalam bermain dalam isu-isu politik.

“Maka, perlu muhasabah, posisioning. Paling tidak, posisioning dengan cara tidak berisik di luar, tapi komunikasi politik di luar itu berjalan. Posisioning MUI dalam persoalan politik harus dirumuskan secara proporsional,” tandasnya.

Sementara itu, Rais Syuariah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH. Ubaidillah Shodaqoh menyampaikan bahwa MUI harus mempunyai independensi yang tinggi dalam laku organisasi. Terlebih, nama MUI juga telah tersurat dalam undang-undang.

“Kalau MUI masuk di UU, maka pemerintah tidak akan berani memaksa atau membubarkan, kecuali melalui DPR. Jadi, MUI tidak bisa dibubarkan misalnya dengan Keputusan Mendagri. Jadi, mohon dimanfaatkan kesempatan ini untuk mendorong kebijakan pemerintah dari berbagai sektor,” tambahnya.

Silaturrahmi dan halaqah ulama dilaksanakan selama dua hari, Sabtu-Ahad, 27-28 November 2021. Kegiatan ini dibuka secara daring oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Umum MUI Jawa Tengah KH. Dr. Ahmad Darodji, M.Si. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Jawa Tengah. []

The post Tantangan MUI: Bersikap Proporsional first appeared on Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia