Jelang Ramadhan Ponpes RM Way Kanan Gelar Mukhoyyam

jelang-ramadhan-ponpes-rm-way-kanan-gelar-mukhoyyam

Waykanan: Pondok Pesantren (Ponpes) Raudlatul Muta’allimin (RM) Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan, Jum’at (25/ 03/ 2022). Kegiatan mukhoyyam digelar selama tiga, hari Jum’at-Ahad.

Kegiatan ini dilepas langsung di Ponpes RM Way Kanan oleh Pimpinan Pondok Ustad Oktawidodo, S.Pd.I. Pada saat pelepasan peserta mukhoyyam, Ustad Oktawidodo berpesan. “Bahwasanya kegiatan ini bertujuan untuk menyiapkan jasmani dan rohani para santri agar siap untuk menghadapi bulan suci Ramadhan dengan penuh semangat, kuat jasmani juga rohani.”

Lebih lanjut, Ustad Oktawidodo, S.Pd.I. menjelaskan, “bahwa dipilih hutan sebagai tempat berkemah bertujuan agar santri dapat mentadabburi ayat-ayat qauniyah Allah SWT. Karena dengan mukhoyyam kita bisa melihat kebesaran Allah SWT kita temui pada saat mukhoyyam.”

“Selama kegiatan tersebut santri diwajibkan untuk khatam Al-qur’an minimal 2 juz, al-ma’tsurat 6 kali. Dan olah raga fisik seperti skot jump, push up, sit up”. Jelas Ustad Oktawidodo, S.Pd.I

Mukhoyyam atau berkemah di hutan merupakan kegiatan rutin tahunan Ponpes RM dalam rangka menyongsong bulan suci ramadhan, untuk menyiapkan mental dan ruhiyah santri. Kegiatan ini juga diikuti oleh 175 santri putra yang terbagi kedalam 10 kelompok juga didampingi oleh 10 dewan Asatidz dan 15 Panitera dari kelas akhir.

Mukhoyyam atau berkemah ini dilaksanakan di Curup Tujuh Panggung Desa Talang Mangga Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dua malam yaitu tanggal 25-27 Maret 2022.

Riski Nurhadi salah satu santri Ponpes PM mersa senang dengan agenda tersebut,. “Senang, bisa berkemah di Curup Tujuh bisa mandi di sana, baca Al-Qur’an juga mendengarkan tausiyah di sana.”Jelasnya (Ramdan/Rita Zaharah)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia