Berkunjung ke MUI, Dubes Suriah: Bagi Dunia Barat Arab Spring Musim Semi, Bagi Kami Musim Gugur

JAKARTA— Duta Besar Suriah untuk Indonesia, HE Abdulmonem Annam, menyampaikan istilah Arab Spring adalah istilah barat dan hanya dirasakan masyarakat barat. Spring yang berarti musim semi yang sejuk itu, kata dia, begitu dirasakan manfaatnya oleh masyarakat barat dan menjadi musim gugur yang kering bagi masyarakat Timur Tengah.

Hal itu dia sampaikan saat mengunjungi kantor MUI Pusat, Rabu (06/04) bersama atase Moh Nahed Mahry dan Dellany Madjid. Kedatangan mereka disambut Wasekjen MUI bidang HLN Habib Ali Hasan Bahr, Ketua dan Sekretaris Komisi HLNKI Bunyan Saptomo dan Andy Hadiyanto.

“Dunia saat ini tengah dikendalikan ideologi besar bernama kapitalisme yang dibalut liberalisme dan demokrasi. Liberalisme dan demokrasi berhasil menghancurkan tatanan di beberapa negara Islam di Timur Tengah. Istilah Arab Spring sesungguhnya adalah musim semi bagi Barat dan musim gugur bagi negara-negara Arab, ” ujarnya.

Bukti besarnya pengaruh kapitalisme Barat itu, ujar dia , terlihat dari pemberian stigma kepada negara-negara yang tidak demokratis. Bagi negara yang tidak demogratis diberikan stigma seolah bertentangan dengan spirit peradaban dunia. Dubes Monem mencermati, pandangan umat Islam seperti dibenturkan dengan pandangan Barat. Bila tidak sesuai dengan kemauan Barat, maka cara pandangan Islam dainggap berbenturan dengan peradaban modern.

Tidak seperti Timur Tengah yang mengalami musim gugur, Dubes Monem melihat Indonesia bisa bertahan dan mematahkan stigma barat tersebut. Menurutnya, gagasan Islam di Indonesia adalah konsep murni dan mampu membuktikan bahwa Islam wajah yang ramah, demokratis, dan bertujuan mengembangkan kebudayaan dan peradaban. Model beragama seperti ini sebenarnya juga telah lama berkembang di Alzhar Mesir maupun di tanah Syam.

“Pancasila bukti bahwa ajaran Islam dapat berjalan dengan kearifan lokal Indonesia sehingga menghadirkan praktek beragama yang toleran, terbuka, dan moderat, ” ujarnya.

Pengalaman Indonesia sebagai negara mayoritas Islam namun tetap moderat ini, membuat Suriah ingin membangun kerjasama dengan Indonesia, khususnya MUI. (Andy/Azhar)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia