BNPT Sebut Khilafatul Muslimin Berpotensi Lahirkan Terorisme, MUI Sulsel Angkat Bicara

bnpt-sebut-khilafatul-muslimin-berpotensi-lahirkan-terorisme,-mui-sulsel-angkat-bicara

Makassar, muisulsel.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menilai Khilafatul Muslimin berpotensi melahirkan terorisme.

Bagaimana bisa BNPT sampai mengarahkan komunitas paham khilafah ke dampak terorisme? Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel angkat bicara.

Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Najamuddin AS Lc MA, mengutarakan, khilafah tidak identik dengan terorisme. Khilafah tidak boleh disalahartikan.

Khilafah dalam arti kepemimpinan adalah sesuatu yang wajib dalam pandangan Islam. Nabi saw memerintahkan jika kalian bertiga keluar dari daerah angkatlah satu pemimpin dalam perjalanan. Jika tiga saja harus ada pemimpin maka dalam komunitas RT/RW hingga negara perlu ada pemimpin.

Kepemimpinan disesuaikan dengan kebutuhan satu komunitas, ada berbentuk monarki dalam berbagai bentuknya seperti kerajaan (mamlakah), ada berbentuk republik, dan lain sebagainya. Tidak ada model yang baku ditawarkan Islam kecuali hanya prinsip prinsip seperti musyawarah dan lain-lain.

Dari sistem itu maka ada pemimpin dijuluki Amir, Rais Daulah, Almalik, Sultan, dan sebagainya. Semua itu sebenarnya adalah eksistensi manusia sebagai Khalifah.

Jika ada orang muslim Indonesia yang tidak mengakui pemerintahan yang sah, mulai dari kecamatan hingga negara, bahkan ada niat untuk melakukan separatis, maka bisa saja ia masuk dalam kategori orang yang tidak berbaiat. Nabi menyebutkan siapa yang tidak berbaiat maka jika mati, matinya dalam keadaan jahiliyah.

Kesiapan kita mengikuti aturan negara dan tunduk pada aturan negara pada hakikatnya kita berbaiat kepada NKRI yang menjadi kewajiban kita selaku muslim Indonesia.

Karena itu perlu dipahami Khilafah dengan makna yang sebenar benarnya agar tidak terjadi pemahaman yang mengarah kepada ekstrimisme dan radikalisme. Memahami substansi khilafah dalam bingkai Kesatuan Republik Indonesia.

Pancasila bagi bangsa Indonesia sudah final. Founding father kita yang terdiri dari ulama, menganalogikan dengan Piagam Madinah yang pernah dibuat Nabi dalam menyatukan elemen umat dalan bingkai negara Madinah.

Anggapan BNPT

Asumsi BNPT yang mengarah ke julukan terorisme menyusul hajatan konvoi bermotor Khilafatul Muslimin di Jakarta, Ahad (29/5/22). Segelintir warga yang tergabung konvoi membawa poster bertuliskan ‘Kebangkitan Khilafah.’

“Terkait Khilafatul Muslimin BNPT telah mengkoordinasikan pemerintah daerah, forkopimda di seluruh wilayah NKRI untuk mewaspadai gerakan ini karena bertentangan dengan falsafah bangsa dan berpotensi melahirkan gerakan terorisme,” kata Direktur Pencegahan BNPT RI Ahmad Nuwakhid, dikutip dari CNN Indonesia, di Jakarta, Ahad (29/5/22).

Direktur Pencegahan BNPT RI Ahmad Nuwakhid meminta pemerintah daerah mewaspadai Khilafatul Muslimin (CNN Indonesia/ Michael Josua)

Pemimpin Khilafatul Muslimin DKI Jakarta, Abudan, mengklaim konvoi mereka bukan kali ini saja, sudah sering konvoi sejak 2018.

Abundan mengklaim kelompoknya tak pernah bermaksud merongrong NKRI atau merebut kekuasaan dari pemerintah Republik Indonesia. (*)

The post BNPT Sebut Khilafatul Muslimin Berpotensi Lahirkan Terorisme, MUI Sulsel Angkat Bicara appeared first on MUI SULSEL.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia