Kiai Ma’ruf Amin Melepas Keberangkatan Jamaah Haji Kloter Pertama dari Bandara Juanda Surabaya

SIDOARJO— Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, melepas keberangkatan jamaah haji kloter pertama pada Sabtu (04/06) pagi dari Bandara Juanda, Surabaya. Rombongan ini menjadi kloter pertama yang berangkat sejak terjadinya pandemi Covid-19. Mereka terjadwal berangkat pada 4 Juni 2022.

Kepada jamaah yang berangkat kloter pertama itu, Kiai Ma’ruf berharap agar mereka betul-betul menjaga kesehatannya. Sebab, Covid-19 meskipun sudah semakin mereda namun belum benar-benar habis.

“Saya meminta, di sana betul-betul serius. Karena Covid-19 masih belum habis, mohon menjaga kesehatannya, ” ujar Kiai Ma’ruf di hadapan para Jamaah di dalam Pesawat Saudi Arabia Arline SV 5141 yang akan menuju Madinah.

Wapres tiba di VIP Room Terminal 2 Bandara Juanda pukul 07.00. Setelah itu, bersama rombongan yang terdiri dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama Nizar Ali, Kiai Ma’ruf menuju kabin pesawat.

Selain berpesan kepada para jamaah haji, Wapres juga berpesan kepada petugas haji. Dia meminta petugas haji tidak sibuk sendiri namun fokus untuk melayani para jamaah.

“Jangan sampai nanti di sana petugasnya sibuk sendiri, ibadah sendiri, sehingga tidak melayani jamaah. Jadi supaya jamaah terlayani dengan baik, ” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan doa semoga semua jamaah tetap sehat dan bisa kembali ke tanah air sebagai haji yang mabrur.

“Alhamdulillah Allah memanggil ibu dan bapak sekalian sebagai tamu Allah pada pelaksanaan ibadah haji 1443 Hijriah. Mudah-mudahan semuanya sehat, yang di rumah juga sehat, yang melaksanakan ibadah haji semuanya khusyu dan mabrur. Amin,” ujar Khofifah.

Pada kesempatan itu, Wapres melepas 445 jamaah haji dan 4 orang petugas haji. Embarkasi Surabaya berencana memberangkatkan 38 kloter dengan total jamaah 16.967. Mereka terdiri dari 16.087 dari Jawa Timur, 318 dari Bali, dan 291 dari NTT, 119 dari Palembang, dan 152 petugas kloter. Pemberangkatan kloter terakhir akan dilaksanakan pada 2 Juli 2022. (Azhar)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia