Sandiaga Uno: Sertifikasi Halal Gratis LPPOM MUI Bantu Pulihkan UMKM Pasca-Covid-19

JAKARTA—Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi LPPOM MUI yang telah konsisten membantu UMKM dalam bentuk fasilitas sertifikasi halal gratis.

Menurut Sandiaga saat menjadi narasumber Festival Syawal yang digelar LPPOM MUI secara virtual, Kamis (9/6/2022), hal ini dapat mendorong bangkitnya UMKM pasca-Covid-19.

Menurut dia, pembatasan mobilitas selama hampir dua tahun terakhir sangat berdampak terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Salah satu bagian penting yang terdampak adalah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

“Dia menyebutkan berdasarkan survei Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, 23,1 persen UMKM mengalami penurunan pendapatan dan 19,5 persen UMKM mengalami hambatan distribusi,” kata Sandiaga dikutip MUIdigital, Sabtu (11/6/2022.

Sandiaga Uno menjelaskan survei dari sejumlah lembaga menunjukkan bahwa UMKM kesulitan untuk mengembalikan pinjaman, membayar biaya operasional, dan pemenuhan bahan baku. Selain itu, angka pelanggan pun berkurang dan adanya hambatan dalam proses distribusi serta produksi.

Menurutnya, kesulitan ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia, tetapi juga oleh masyarakat seluruh dunia. Namun kabar baiknya, laporan World Economic Outlook memproyeksikan Indonesia akan mencatatkan perbaikan pada 2022 bahkan World Rank memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh 5,2 persen pada 2022 seiring perekonomian dunia yang berangsur membaik dan terkendalinya pandemi Covid-19.

“Indonesia optimis terus bergerak maju. Indonesia telah mengaplikasikan langkah-langkah pemulihan dengan mengedepankan strategi inovasi, adaptasi dan kolaborasi,” tuturnya.

Lebih lanjut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini mengatakan prioritasnya adalah membangun kembali kepercayaan pasar agar mobilitas masyarakat meningkat. “Hal ini sekaligus menjadi momentum yang tepat untuk mendorong pengembangan ekosistem halal di Indonesia,” jelasnya.

Sandiaga membeberkan sertifikasi halal merupakan satu kebutuhan yang harus dipenuhi agar produk Indonesia dapat bersaing di pasar global. Hal ini juga bermanfaat dalam membuka peluang usaha dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya sehingga berdampak pada perekonomian nasional.

“Mari kita bersama selalu semangat berkontribusi dalam kebangkitan ekonomi Indonesia pascapandemi,” kata dia. (Shafira Amalia, ed: Nashih)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia