Peserta Silaturrahim Dai dan Halaqoh Dakwah Nasional Deklarasikan Diri sebagai Dai-Daiyah Nusantara

JAKARTA—Peserta acara Silaturrahim Dai dan Halaqoh Dakwah Nasional mendeklarasikan diri sebagai Dai-Daiyah Nusantara yang berkomitmen untuk dakwah menyatukan dan memperkokoh umat dalam kebhinekaan.

Deklarasi itu mereka sampaikan secara bersama-sama seusai temu silaturrahim dan dialog dakwah di antara Dai-Daiyah di Golden Ballroom, Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (26/07/2022).

Mereka berdeklarasi senantiasa berpegang teguh terhadap beberapa poin penting yang tercantum dalam teks Deklarasi Dai dalam menjalankan amanah dakwah untuk umat.

Berikut beberapa poin deklarasi para Dai-Daiyah, di antaranya:

  1. Akan mendakwahkan Islam ala ahlissunnah wal jamaah.
  2. Akan selalu berdakwah untuk menjaga persatuan dan kesatuan umat untuk tegaknya izzul Islam wal muslimin.
  3. Akan berdakwah untuk merajut ukhuwwah Islamiyah, basyariyah dan wathoniyah.
  4. Akan selalu berdakwah dengan mengedepankan sikap toleransi baik dalam internal umat Islam, dengan pemeluk agama lain dan dengan pemerintah.
  5. Akan berdakwah untuk membangun kedewasaan umat dalam berpolitik, sehingga politik tidak menjadi sebab perpecahan umat dan perpecahan bangsa.
  6. Senantiasa berdakwah menolak segala bentuk ekstrimisme, radikalisme dan terorisme baik verbal maupun fisik yang dapat menjadi sumber perpecahan dan konflik di kalangan sesama anak bangsa.
  7. Siap berperan aktif dalam memberikan inspirasi, membina, dan memberikan teladan bagi umat.
  8. Siap bersinerji dengan semua lembaga baik negeri maupun swasta demi terciptakan dakwah yang menyejukkan, mengedepankan akhlakul karimah dan uswah hasanah dalam rangka terciptanya keamanan, kenyamanan dan kedamaian serta kesejukan.
  9. Berkomitmen berdakwah dengan pedoman dakwah Islam dan siap mendapat arahan dan bimbingan Majelis Ulama Indonesia.

(A Fahrur Rozi/Fakhruddin)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia