Pengakuan Komite Yahudi Amerika di Makassar: Kami Bangun Perdamaian

pengakuan-komite-yahudi-amerika-di-makassar:-kami-bangun-perdamaian

Makassar, muisulsel.com – Direktur International Interreligious Affairs American Jewish Committee (AJC) Rabi David Rosen, mengatakan, organisasi nonprofit Komite Yahudi Amerika itu tengah membangun hubungan damai lintas negara.

“Kami membangun persatuan dan perdamaian antarnegara, komunitas dan agama,” katanya, Selasa (26/7/22).

Ungkapan David tersebut saat jadi pembicara obrolan antaragama tentang pemberdayaan potensi umat beragama, di Hotel Claro, Jl AP Pettarani, Makassar. Komisi Hubungan Antaraumat Beragama (HUB) MUI Sulsel selaku penyelenggara.

Baca juga:

 Ketua MUI Sulsel Apresiasi AJC New York Diskusi Lintas Agama di Makassar

Nikah Siri, Apa Akibatnya?

Rabi David Rosen (kedua dari kiri) pembicara obrolan antaragama tentang pemberdayaan potensi umat beragama, di Hotel Claro, Jl AP Pettarani, Makassar, Selasa (26/7/22) sore.

Direktur Asia Pacific Institute AJC, Shira Leowenberg, menyinggung konflik Palestina vs Israel.

“Ini bukan masalah agama tapi politik,” katanya.

Giliran Direktur Muslim-Jews Relation AJC, Dr Ari Gordon berkomentar, katanya, masing-masing komunitas mempunyai alasan sendiri untuk membenarkan kepentingan.

“Kami tidak bisa berbuat banyak untuk menentukan kebenaran, kami hanya fokus membangun perdamaian antar negara dan agama,” ujarnya.

Pose pengurus MUI Sulsel dan AJC usai obrolan antaragama tentang pemberdayaan potensi umat beragama, di Hotel Claro, Jl AP Pettarani, Makassar, Selasa (26/7/22) sore.

Sekertaris Komisi HUB MUI Sulsel Dr Arqam Azikin, mengusulkan MUI turut menjembatani kerja sama perdamaian dunia.

“Kita bisa menerjemahkan literasi perdamaian dan melakukan gagasan kerjasama jangka panjang dan edukasi kemanusiaan,” katanya.

Ketua Komisi HUB MUI Sulsel Prof Dr H Wahyuddin Naro MHum, mengatakan, diskusi ini sangat menarik dan banyak memberi wawasan dan masukan untuk perdamaian antar umat beragama.

“Ke depannya kita akan lebih banyak melakukan aksi nyata untuk perdamaian dan kemanusiaan,” kata Prof Wahyuddin yang juga ketua Forum Kemanusiaan Lintas Agama (FKLA) Sulsel.

Ketua MUI Sulsel Bidang HUB, Dr Ir Hj Andi Majdah M Zain M Si, mengatakan, momentum kedatangan tokoh AJC dapat meningkatkan hubungan baik antarumat beragama di Indonesia.

“Kami sudah belajar banyak tentang hubungan antar umat beragama di Amerika Serikat. Kami berkunjung ke banyak organisasi agama dan kemasian yang ada di New York Amerika,” kata Majdah, rektor UIM, saat memberi sambutan.

Peserta obrolan antaragama tentang pemberdayaan potensi umat beragama, di Hotel Claro, Jl AP Pettarani, Makassar, Selasa (26/7/22) sore.

Majdah juga menyampaikan terima kasih kepada tokoh yang hadir dan juga para tamu undangan lainnya.

Hadir peserta perwakilan tokoh lintas agama dan peserta jurnalistik binaan FKLA Sulsel.

Hadir pula sejumlah pengurus MUI Sulsel, di antaranya, Sekretaris Umum MUI Sulsel Dr KH Muammar Bakry Lc MA, Wakil Ketua Umum MUI Sulsel Dr KH Mustari Bosrah MA, Dr KH Hasid Hasan Palogai MA, Ketua Komisi Pendidikan dan Pengaderan MUI Sulsel Dr H Andi Marjuni MPd, Andi Suriyati Barisi SAg, Aflaha Ali Muchtar SP, dan Nurcahya SAg. (Irfan)

The post Pengakuan Komite Yahudi Amerika di Makassar: Kami Bangun Perdamaian appeared first on MUI SULSEL.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia