Gubernur Buka Seminar Nasional Komisi PEU MUI Sulsel

gubernur-buka-seminar-nasional-komisi-peu-mui-sulsel

Makassar, muisulsel.com – Mengambil tema Peran Bank Syariah dalam Memperbesar Akses Permodalan UMKM, Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat (PEU) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan melaksanakan Seminar Nasional yang dilaksanakan di Auditorium K. H. Muhyiddin Zein Universitas Islam Makassar (UIM), Sabtu (25/09/2022).

Ketua Panitia H. Baidillah Sahabuddin, SE, M.Si mengungkapkan bahwa Seminar Nasional ini hadiri oleh ratusan mahasiswa dari berbagai penjuru Universitas yang ada di Indonesia baik datang langsung maupun lewat daring. “Empat pembicara nasional kami hadirkan pada seminar nasional kali ini dan Peserta Seminar adalah mahasiswa dari Sabang sampai Merauke.” lapornya.

Ketua Panitia H. Baidillah Sahabuddin, SE, M.Si memberikan sambutan pada pembukaan Seminar Nasional yang dilaksanakan di UIM Makassar 

Ketua Bidang PEU Prof. Dr. M. Arfin Hamid, SH, MH menambahkan bahwa tujuan dilaksanakannya Seminar Nasional ini untuk merespon perkembangan ekonomi yang ada saat ini sehingga mahasiswa sekarang dapat dengan peka melihat perubahan dan perkembangan ekonomi. “Seminar Nasional ini juga dirangkaikan dengan Pelantikan Pengurus Klinik Bisnis Syariah (KLIBIS) MUI Sulawesi Selatan yang memiliki peran utama untuk memberikan konsultasi, bimbingan dan simulasi penerapan bisnis syariah bagi masyarakat dan pelaku usaha,” ungkapnya.

Rektor Universitas Islam Makassar Dr. Ir. Hj. A. Majdah MZ mengungkapkan kebanggaannya, “Seminar ini sangat membanggakan UIM karena Seminar ini dilaksanakan di sini dimana pembicaranya berkaliber nasional dan pesertanya dari berbagai wilayah Indonesia, terlebih lagi topik yang dibahas tentang ekonomi syariah. Ini adalah topik yang urgent.”

Mari kita dukung sepenuhnya dan jalankan bisnis syariah. Apalagi bagi UIM sangat penting untuk mendekatkan mahasiswa dengan dunia usaha dan industri syariah. Melalui seminar nasional yang dilaksanakan MUI di UIM juga akan mendekatkan UIM dengan para ulama.

Ketua Umum MUI Sulsel memberikan sambutan di Seminar Nasional yang dilaksanakan oleh Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum MUI Sulawesi Selatan mengungkapkan, “Saya cukup berbahagia apabila seluruh Indonesia melaksanakan ekonomi syariah sehingga kegiatan ini merupakan salah satu usaha untuk dapat hidup dan melaksanakan ekonomi secara syar’i.”

Lanjutnya, semoga dengan seminar kali ini yang menghadirkan pembicara nasional dapat kita laksanakan ekonomi syariah yang ada di kehidupan kita masing-masing dan kegiatan kita ini Aman Syar’i Aman Regulasi dan Aman NKRI.

Sebelum membuka Seminar Nasional ini, Gubernur Sulawesi Selatan memberikan sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Rakyat H. Suherman, SE, MM mengungkapkan bahwa sebagai salah satu peningkatan pemberdayaan UMKM di Sulawesi Selatan. UMKM memiliki peran yang strategis dalam hal ini meningkatkan perekonomian khususnya di Sulawesi Selatan karena sektor ini mampu mengadakan tenaga kerja yang cukup besar dan mampu bertahan dalam ekonomi pasca krisis ekonomi.

Pembinaan UMKM merupakan suatu keharusan dalam rangka meningkatkan peningkatan ekonomi rakyat khususnya meningkatkan perekonomian wilayah Sulawesi Selatan. Berdasarkan data pemberdayaan UMKM di Sulawesi Selatan, pada triwulan kedua UMKM sangat tumbuh dengan baik dengan 43% lebih tinggi daripada triwulan pertama yang tumbuh hanya 18%.

Usai membacakan sambutan Gubernur dan membuka Seminar Nasional, H. Suherman berharap semoga seminar ini dapat menerbitkan rekomendasi dalam mengembangkan dan mengaktualisasikan ekonomi syariah di dalam kehidupan kita sehari-hari. (RZ)

The post Gubernur Buka Seminar Nasional Komisi PEU MUI Sulsel appeared first on MUI Sul Sel.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia