Wapres: LPPOM MUI Inisiator Integrasi Fatwa dan Audit Halal Global

JAKARTA — Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (MUI) menggelar halal bihalal online bersama jajaran pimpinan harian MUI Pusat dan Wapres RI. Dalam kesempatan itu, Wapres RI KH. Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa MUI adalah inisiator penggabungan fatwa (agama) dan kajian produk (sains) dalam menetapkan kehalalan produk.

“MUI yang memulai menggabungkan Komisi Fatwa yakni fatwa ulama, dengan komisi audit yakni penelitian yang dilakukan LPPOM MUI, sistem kerja ini telah diakui global, itu membuat standard LPPOM MUI menjadi acuan dan standard sertifikasi halal bagi hampir 50 lembaga sertifikasi halal di dunia,” katanya, Senin (01/06) saat kegiatan Halal Bihalal Virtual LPPOM MUI.

Apa yang dilakukan oleh LPPOM MUI tersebut, kata dia, begitu penting dalam menjaga umat, sehingga terlindung dari hal-hal yang tidak sesuai syariah. LPPOM MUI dalam hal ini menjalankan prinsip himayatul ummah, sebagai pelayan umat sehingga umat terhindar dari yang tidak syariah.

Dia menerangkan, pada masa mendatang, tantangan di Indonesia bukan semata memberikan sertifikasi halal, namun juga membangun industri halal. Menurutnya, potensi Indonesia menjadi produsen halal terbesar di dunia terbuka lebar.

“MUI harus mendorong cita-cita yaitu produk halal Indonesia dapat digunakan di seluruh dunia, tidak hanya konsumsi dalam negeri, namun juga luar negeri, walhasil Indonesia bisa menjadi negara yang menentukan kehalalan, mulai sertifikasi sampai produksi,” katanya.

Dia menambahkan, sepak terjang dan kinerja LPPOM MUI termasuk sunnah hasanah. LPPOM MUI telah menyebarkan sistem sertifikasi halal menjadi sistem global. Dikatakannya, sesuai kata Rasulullah SAW, siapa yang membuat sunnah hasanah, suatu upaya perlakuan yang baik maka dia akan memperoleh pahalanya dari apa yang kemudian dilakukan oleh orang tersebut sampai hari kiamat.

Pada acara halal bihalal virtual yang juga dihadiri Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Wakil Ketua Umum MUI KH. Muhyiddin Junaidi, Sekretaris Jenderal MUI Buya Anwar Abbas, maupun Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim tersebut, Wapres juga menyampaikan ‘Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. (Azhar/Din)



Leave a Reply

Waqaf Foundation: for Education & Society Development