Pemahaman Moderasi Beragama Perlu Ditingkatkan

pemahaman-moderasi-beragama-perlu-ditingkatkan

Oleh: Prof Dr HM Adlin Sila MA PhD, Kepala Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagaamaan Badang Litbang dan Diklat Kementerian Agama Repubkik Indonesia

OPINI, muisulsel.com — Saat ini muncul pemahaman Islam ekstrim yang sangat banyak maka pemahaman moderasi perlu ditingkatkan. Munculnya pemahaman Islam ekstrim atau garis keras itu tak terlepas dari kepentingan politik yang ada di Indonesia.

Ada golongan yang sengaja menafsirkan ayat untuk kepentingan golonganya sehingga muncullah perbedaan yang sangat besar di tengah masyarakat.

Saat ini pemahaman moderasi Islam sangat sulit kita temukan yang ada hanyalah pertengkaran mazhab yang berujung pada perpecahan.

Diskusi seperti webinar dengan tema “Moderasi Beragama” sangat relevan dengan kondisi terkini. Kita berharap dengan webinar ini semakin kita mempererat persaudaraan dan menyempitkan sikap saling menyalahkan.

Dalam berbudaya kita bisa melihat masyarakat Indonesia yang mampu berdamai dalam menyikapi tradisi dan agama. Itu menunjukan masyarakat Islam di Indonesia mampu menerapkan moderasi beragama.■ irfan

*) Disarikan on the spot dari Webinar Internasional yang digelar oleh Komisi Pengakajian dan Penelitian MUI Sulsel, Kamis (25/11/2021).



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia