Kolaborasi MUI Sulsel dan KPA Sulsel Rumuskan Khutbah Ingatkan Bahaya AIDS

kolaborasi-mui-sulsel-dan-kpa-sulsel-rumuskan-khutbah-ingatkan-bahaya-aids

FOKUS, muisulsel.com — Komisi Layanan Kesehatan dan Resiko Bencana MUI Sulsel dan Komisi Dakwah MUI Sulsel berkolaborasi dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Sulsel menggelar webinar gagas materi Khutbah penanggulangan AIDS di Makassar, Rabu (1/12/2021).

Menurut Ketua Komisi Layanan Kesehatan dan Risiko Bencana MUI Sulsel Ardadi SFarm MKes kegiatan Webinar ini bertujuan untuk menyiapkan materi khutbah Jumat dan juga menyebarluaskan informasi terkait penyakit AIDS melalui materi dan testimoni yang disampaikan oleh narasumber.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi Fatwa Sulsel MUI Dr H Shaifullah Rusmin Lc MThi juga menyampaikan harapannya bahwa kolaborasi antara MUI Sulsel dengan KPA dalam menyusun khutbah Jumat ini sangat baik karena muatan ilmiah dan agama sangat berkaitan terutama.

Menuritnya ada tiga hal yang perlu kita perhatikan untuk menghindari penyakit AIDS ini terutama mengkonsumsi makanan yang halal, menjaga keluarga dan mencari lingkungan yang baik.

Wakil Sekertaris KPA Dr dr H Bahry Noor MSc juga menjelaskan penyusunan khotbah ini sangat baik dan bermanfaat karena melalui khotbah Jumat para dai atau khotib bisa menyampaikan materi tentang bahaya AIDS yang sangat mematikan ini,”Kami juga sangat berterimakasih kepada MUI Sulsel yang telah mengambil peran dalam pencegahan AIDS ini”, ucapnya.

Prof Dr dr H M Alimin Maidin MPH yang juga merupakan Anggota KPA juga berharap materi khutbah ini dapat bermanfaat terutama menyadarkan masyarakat tentang bahaya AIDS.

“Penyakit AIDS sebenarnya sudah ada sejak pertama kaum Nabi Luth melakukan penyimpangan seks cuma manusia dulu belum mengenalnya,” urainya.

Anggota Komisi Kesehatan MUI Sulsel dr Wachyudi Muchsin SH M Kes menambahkan webinar ini sangat bermanfaat terutama mengajarkan kepada kita tentang aspek kesehatan Islam yang diperintahkan sejak dahulu.

“Islam adalah agama yang telah mengajarkan kepada kita tentang berbagai ilmu pengetahuan termasuk kesehatan dimana kita diajarkan untuk menjaga kebersihan dan menjauhi perkara zina karena ada efek besar yang terjadi ketika kita melanggarnya,” ungkapnya.

Hadir pula sebagai pemateri webinar tersebut Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Najmuddin MA dan Ketua Bidang Infokom MUI Sulsel Dr H Ishak Samad MEd yang juga menjadi penyusun materi khutbah Jumat.

“Adapun materi khutbah Jumat akan disusun dan edarkan di seluruh masjid yang ada di Sulsel untuk dibacakan khusus di Desember ini,” jelasnya.■ Irfan



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia