Prihatin Kasus Kanker Serviks Masih Tinggi, MUI Gelar Deteksi Dini Tes IVA bagi Perempuan

SEMARANG –Majelis Ulama Indonesia (MUI) merasa prihatin atas kasus kanker leher rahim atau serviks dan kanker payudara masih tinggi di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Komisi Perempuan, Remaja dan Keluarga (KPRK) MUI, Dr Siti Ma’rifah saat upacara pembukaan Deteksi Dini Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) bagi Perempuan Indonesia di Provinsi Jawa Tengah di Wisma Perdamaian, Jalan Imam Bonjol Semarang.

“Ini terjadi karena masih banyak perempuan atau ibu-ibu yang abai atau tidak peduli kepada kesehatan dirinya. Kudrat perempuan biasanya kalau makan enak dia simpan untuk anak-anak atau suaminya. Mari kita edukasi agar kaum ibu lebih sadar dan peduli atas kesehatannya,” katanya saat berbincang dengan MUIDigital, Senin (21/2/2002)

Dr Siti Ma’rifah mengatakan, kegiatan pemeriksaan tes IVA kanker serviks di Jateng ini berkat kerja sama Komisi PRK MUI, Baznas, dan Lembaga Kesehatan MUI. Kegiatan yang diluncurkan di Bali pada tahun lalu ini rencananya akan dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia.

Dr Siti Ma’rifah mengatakan, kegiatan pemeriksaan tes IVA kanker serviks yang berlangsung pada Sabtu (19/2/2022) di Jateng ini berkat kerja sama Komisi PRK MUI, Baznas, dan Lembaga Kesehatan MUI. Kegiatan yang diluncurkan di Bali pada tahun lalu ini rencananya  akan dilaksanakan di 34 provinsi di Indonesia.

“Mengingat tingkat kematian karena kanker servick ini menempati urutan kedua kematian di Indonesia,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, dia menuturkan bahwa harus melakukan tes antigen atau PCR. Bahkan, lanjutnya, beberapa daerah merangkaikannya dengan vaksin booster.

Dr Siti Marifah menjelaskan bahwa Jateng merupakan provinsi ketujuh yang menyelenggarakan deteksi dini IVA. Selain itu, di hadapan 200 ibu-ibu di Kota Semarang, ia berpesan agar ibu-ibu menjaga kesehatannya.

“Insya Allah KPRK MUI akan menyelenggarakab kegiatan selerti ini di 34 provinsi se-Indonesia. Kalau ibu sehat, keluarga sehat,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, hadir dokter supervise dr Muhammad Makky Zanzami, dr Fariz Zain dan Hj Vivi Maria. Sekretaris Umum MUI Jateng KH Muhyiddin, Dirut RSI Sultan Agung dr H Masyhudi, Wakil Ketua MUI Prof Dr Sri Suhanjati, dan Ketua Komisi PRK MUI Jateng Dra Hj Munawaroh Nurhadi, serta KPRK MUI Maria Advianty dan LK MUU dr Makky (Saddam Al-Ghifari/Fakhruddin)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia