Jelang Bulan Ramadhan, Sekretaris Komdak: Persiapkan Jasmani dan Rohani di Bulan Sya’ban

JAKARTA–Menjelang bulan suci Ramadhan, Umat Islam dianjurkan untuk mempersiapkan diri dengan baik. Pada bulan Sya’ban saat ini umat Islam melakukan persiapan baik secara rohani maupun jasmani. Dengan cara itu, seorang muslim akan menjalani ibadah di bulan suci Ramadhan dengan baik.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dr. Chandra Krisna Jaya atau Ust Chandra, kepada MUIDigital, Senin (7/3).

Ust Candra menuturkan, kekuatan jasmani sangat berpengaruh untuk melaksanakan rangkaian ibadah di bulan suci Ramadhan dengan sempurna.

“Seperti misalnya, kita berpuasa dalam kondisi yang sehat, fisik yang prima. Tentunya juga setelah berpuasa malamnya ada shalat tarawih, shalat qiyamul lail, apakah ditambah lagi dengan shalat tahajud,” ujarnya.

Menurutnya, rangkaian ibadah ini tentunya membutuhkan kesehatan jasmani untuk bisa melaksanakannya dengan baik.

Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai kesehatan rohani. Hal ini bertujuan agar umat Islam tidak terganggu akibat segala macam dosa yang bisa berefek kepada jasmani.

Ust Candra mengungkapkan, orang-orang yang rohaninya bermasalah sering ditemukan, bahkan bisa sampai mengalami gangguan jiwa.

“Nah ini akibat rohani yang sakit. Maka persiapan di bulan Sya’ban ini, yakni kesehatan jasmani dan rohani harus dimatangkan,” pungkasnya. (Sadam Al-Ghifari/Angga)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia