Pelatihan Berbasis Akhlak PD PAB MUI Sasar Generasi Milenial

JAKARTA – Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PD PAB) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat telah menyelenggarakan Training Penguatan Akhlak Bangsa Bagi Milenial Angkatan 1 pada Sabtu (23/4), bertempat di Aula Buya HAMKA, Lantai 4 Gedung MUI Pusat, Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 34 peserta dari berbagai organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, antara lain perwakilan dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Ikatan Pelajar Putri NU (IPPNU), Ikatan Pelajar Persatuan Islam (Persis), Ikatan Pelajar Persis Putri, Ikatan Pelajar Nahdlatul Wathan (IPNW), dan Ikatan Pelajar Al-Washliyah.

Turut hadir para peserta dari Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM), Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Santri Mendunia serta Pelajar Islam Indonesia (PII).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Muhammad Cholil Nafis, Lc., M.A., Ph.D. Beliau juga memberikan kata sambutan dan menjadi pembicara utama (keynote speaker) dalam acara ini.

Turut hadir dan memberikan kata sambutan Ketua PD PAB MUI Pusat, Dr. KH. Masyhuril Khamis, S.H., M.M., yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Al-Washliyah. Beliau juga menjadi narasumber dalam kegiatan ini dengan tema “Akhlak Bangsa: Masalah, Tantangan dan Solusi”.

Dalam sesi pembicara KH. Masyhuril Khamis ini, yang menjadi moderator ialah Emmy Kharisma Dewi, S.I.Kom., M.M., selaku Ketua Panitia Pelaksana atau Organizing Committee (OC) yang juga anggota PD PAB MUI Pusat.

Narasumber lainnya dalam acara ini ialah Ketua Panitia Pengawas atau Steering Committee (SC), Dr. KH. Muhammad Suaidi, M.Ag., yang juga anggota PD PAB MUI Pusat. Beliau membahas materi bertema: Menjadikan Pribadi yang Bertumbuh atau Growth Mindset. Di awal acara, KH. Muhammad Suaidi juga memandu sesi ta’aruf para peserta.

Sesi ta’aruf atau perkenalan diri dalam program ini menjadi sangat penting untuk mewujudkan keakraban, silaturahmi, dan suasana kekeluargaan yang kental diantara para peserta yang hadir.

Adapun yang menjadi moderator dalam sesi KH. Muhammad Suaidi, M.Ag., ialah Sekretaris Panitia Pengawas atau SC, Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., yang juga Wakil Sekretaris PD PAB MUI Pusat.

Turut hadir dan menjadi narasumber dalam kegiatan ini ialah Wakil Ketua 2 PD PAB MUI Pusat, Dra. Hj. Siti Marhamah, M.A. Beliau membawakan materi bertema Akhlak Milenial. Adapun moderator dalam sesi ini ialah anggota PD PAB MUI Pusat, Ustadz Rokan Darsyah, S.S., S.H., M.H. Dalam sesi ini, proses pembahasan terjadi sangat dinamis.

Dalam sesi tersebut, sejumlah peserta tampak sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan tentang berbagai masalah yang dihadapi oleh generasi milenial dan zillenial Muslim saat ini. Khususnya tentang cara mengatasi beragam masalah tersebut.

Kegiatan ini juga diisi oleh penyampaian materi bertema Ke-MUI-an dan Penguatan Karakter Bangsa – Akhlak Bangsa oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Dewan Pimpinan MUI Pusat, KH. Arif Fahrudin, M.Ag., yang juga Pengarah PD PAB MUI Pusat.

Sesi materi di atas dipandu oleh Dr. KH. Muhammad Zen, Lc., M.A., selaku moderator dan anggota PD PAB MUI Pusat. Sesi ini sangat menarik karena setiap peserta mendapatkan buku dan mengajukan pertanyaan tentang bonus demografi dan ciri khas milenial yang sangat terkait dengan media sosial dan budaya instan.

Selain itu, acara ini semakin menarik perhatian para peserta karena di sesi awal kegiatan, tampil seorang motivator tingkat nasional, Drs. H. Samsul Rahman, M.A. Ia memberikan semangat dan menggugah kesadaran para milenial untuk menjadi pribadi yang tangguh dan mewujudkan generasi gemilang.

Adapun tema yang dibahas oleh motivator Lumosa Training Center ini ialah Penguatan Pribadi Tangguh Menuju Generasi Gemilang atau Empowering Personal Enlighment. Semua peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti sesi motivasi ini.

Apalagi para peserta diminta untuk bergerak aktif, termasuk komunikasi dan kontak fisik dengan para peserta lainya. Aktivitas ini pun dipandu langsung oleh motivator dengan tujuan membangkitkan gairah dan antusiasme peserta agar tidak mengantuk, tetap dalam kondisi segar bugar dan dapat mengenal rekan-reka peserta lainnya.

Sedangkan moderator dalam sesi motivasi ini ialah Sekretaris PD PAB MUI Pusat, KH. Nurul Badruttamam, S.Ag., M.A., yang juga Sekretaris Lembaga Dakwah (LD) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia