Salat Berjamaah Tiba-tiba Ingin Buang Angin, Solusinya?

salat-berjamaah-tiba-tiba-ingin-buang-angin,-solusinya?

TANYAmuisulsel.com- Assalamu’alaykum Warohmatullahi Wabarokatuh
Saya ingin menanyakan perihal tentang shalat berjamaah. Apa yang harus dilakukan ketika kita salat berjamaah tiba2 ingin buang angin, sementara kita berada pada shaf terdepan…syukran

Oleh warga 085255123xxx

JAWABAN:

Boleh juga meninggalkan saf melewati depan saf kedua untuk memperbaharui wudunya karena hal tersebut adalah sesuatu yang mendesak.

Dari Abdullah bin Abbas, ia berkata, “Pada suatu hari aku datang dengan mengendarai keledai, pada waktu itu aku sudah dewasa. Ketika itu Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sedang salat bersama para sahabat di Mina tanpa ada dinding di depannya (sebagai penghalang). Kemudian aku lewat di depan sebagian saf mereka. Lalu, aku turun dan aku biarkan keledai makan, kemudian aku masuk ke dalam saf dan tidak ada satu pun yang mengingkari perbuatanku tadi.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim, ini lafaz Bukhari).

Hadis ini menunjukkan boleh lewat di depan saf makmum yang sedang salat berjamaah karena Nabi Saw dan para sahabatnya tidak menegur Ibnu Abbas atas apa yang telah dilakukannya.

Tapi harus diperhatikan, hendaknya dilakukan jika memang ada keperluan mendesak agar tidak mengganggu orang yang sedang salat tanpa ada keperluan atau alasan kuat.

Wallahu a’lam bish shawab.

Suatu ketika salat berjamaah magrib di Masjid Nabawi, imam tiba-tiba membatalkan salatnya dan meminta jamaah untuk menunggu sebab sang imam berhadas dan ingin berwudu. Seusai berwudu, imam kembali memimpin salat magrib.

The post Salat Berjamaah Tiba-tiba Ingin Buang Angin, Solusinya? appeared first on MUI SULSEL.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia