Bina Para Muallaf, Muallaf Center Diminta Gandeng Baznas dan LAZ

Semarang – Muallaf Center Jawa Tengah serta Kabupaten/Kota di Jawa Tengah diminta untuk menggandeng lembaga-lembaga amil zakat untuk program pemberdayaan para muallaf. Lembaga zakat yang dimaksud adalah Badan Amil Zakat (Baznas) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ), serta lembaga zakat lainnya.
Hal demikian disampaikan oleh Ketua MUI Jawa Tengah Dr. H. Imam Yahya, M.Ag. dalam kegiatan Halal bi Halal dan Silaturrahim Muallaf se Jawa Tengah Tahun 2022 di Hotel Grasia Semarang, Sabtu, 4 Mei 2022. Imam Yahya memberikan sambutan mewakili Ketua Umum MUI Jawa Tengah Dr. KH. Ahmad Darodji, M.Si.
“Baznas ada kegiatan yang dapat dilaksanakan untuk kegiatan Muallaf. Pengelola Muallaf center di Kabupaten/Kota tepat jika bekerjasama dengan Baznas dan LAZ,” kata Imam.
“LAZ di berbagai tempat punya potensi besar, dan banyak mendapat kepercayaan dari masyarakat,” lanjutnya.
Muallaf adalah salah satu golongan yang dapat diberikan zakat. Oleh karenanya, sambung Imam, pihak pengelola Muallaf Center dapat menggandeng lembaga pengumpul zakat untuk bersama-sama memberdayakan para muallaf.
Lembaga Pengumpul Zakat yang dikelola masyarakat mempunyai keunggulan dibanding yang dikelola negara. Salah satu keunggulannya adalah layanan zakat yang ditranformasikan ke dalam sistem keuangan digital.
“Kita perlu bersama-sama untuk menguri-nguri muallaf center di Jateng dan di Kab/Kota. Berdasarkan penelitian saya, Lembaga Amil Zakat itu mendapat kepercayaan yang besar di tengah masyarakat. Permintaan untuk menggandeng itu bukan dalam arti meminta, tapi bersama berjuang melestarikan muallaf center,” tandasnya.
Halal bi Halal dan Silaturrahim Muallaf se Jawa Tengah dihadiri para Pengurus Muallaf Center Jawa Tengah dan Pengurus dari Kabupaten/Kota, serta utusan para muallaf. Hadir juga Ketua Muallaf Center Jateng Dr. KH. Anasom, M.A., serta pengurus harian terkait.
Setelah kegiatan halal bi halal dilakukan rapat koordinasi antara Muallaf Center Jawa Tengah dengan Muallaf Center di Kabupaten/Kota. Rapat koordinasi dipimpin oleh Ketua Muallaf Center Jawa Tengah. (*)

The post Bina Para Muallaf, Muallaf Center Diminta Gandeng Baznas dan LAZ first appeared on Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia