Lulus Ujian Promosi Doktor, KH Masykur Yusuf jadi Tokoh Wakaf Baru MUI Sulsel

lulus-ujian-promosi-doktor,-kh-masykur-yusuf-jadi-tokoh-wakaf-baru-mui-sulsel

Makassar, muisulsel.com – Doktor merupakan gelar pengakuan bahwa seseorang lulus tingkatan pendidikan paling tinggi. Promovendus Drs KH Masykur Yusuf MAg meraih gelar itu seusai mempertanggungjawabkan disertasinya di Gedung Pascasarjana UMI Makassar, Kamis (7/7/22).

Ketua Komite Dakwah MUI Sulsel itu meraih doktor Bidang Ilmu Manajemen. Judul disertasinya “Analisis Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Pengelola Wakaf Tunai dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Sulawesi Selatan.”

Ujian promosi doktor Drs KH Masykur Yusuf MAg di Aula Gedung Pascasarjana UMI Makassar, Kamis (7/7/22).

Menurut KH Masykur, imam Masjid Al Markaz Al Islami Jend Jusuf Makassar, Sulsel kaya dan banyak orangnya yang mampu, tapi sedikit sekali yang memberi wakaf terutama pada dunia pendidikan. Bahkan ada orang yang berfoya-foya dengan hartanya.

KH Masykur menyebutkan, ada dua jenis wakaf yaitu wakaf tunai dan nontunai. Wakaf tunai seperti uang yang dikelola oleh pemimpin.

BACA JUGA: 

Dua Ketua MUI Sulsel ke Forum IVLP Amerika

MUI Makassar Siap Buka Klinik Gratis Rehabilitasi LGBT, Dinkes dan Pakar Mendukung

MUI Sulsel, IPIM, dan IMMIM Imbau Salat Gaib untuk Korban KM Ladang Pratiwi dan Putra Gubernur Jabar

Menurutnya seorang pemimpin yang mengelola wakaf harus memiliki empat kriteria. Kriteria dimaksud sebagaimana dicontohkan Rasulullah saat menjadi pemimpin, di antaranya siddik, amanah, fathanah dan tabligh.

“Empat kriteria ini menjadi penting yang harus dimiliki seorang pemimpin dalam mengelolah wakaf terutama untuk pengembangan pendidikan sehingga bisa membangun kepercayaan masyarakat,” kata KH Masykur, sekretaris MUI Makassar.

“Jika keempat variabel ini dimiliki pemimpin maka masyarakat akan antusias mewakafkan hartanya terutama untuk pendidikan,” KH Masykur menambahkan.

Ujian promosi doktor Drs KH Masykur Yusuf MAg di Aula Gedung Pascasarjana UMI Makassar, Kamis (7/7/22).

KH Masykur mengakui, judul disertasi yang dia usung tersebut terobsesi dari kampus UMI yang juga lahir dari badan wakaf.

Tim Promotor yang hadir ialah Prof Dr H Salim Basalamah SE M Si, Prof Dr Mursalim Laekkeng ASEAN CPA, dan Prof Hj Jeni Kamase SE M Si.

Pose usai ujian promosi doktor Drs KH Masykur Yusuf MAg di Aula Gedung Pascasarjana UMI Makassar, Kamis (7/7/22).

Hadir sejumlah tokoh menyaksikan langsung ujian KH Masykur, di antaranya, Ketua Yayasan Al Markaz Al Islami Jend Jusuf Makassar Prof Dr Basri Hasanuddin MA, Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr KH Najamuddin Lc MA, dan Ketua MUI Makassar KH Baharaddin, Rektor UIM Makassar Dr Ir Hj A Majdah M Zain MSi, dan Ketua Bidang Fatwa MUI Sulsel Dr KH Ruslan Wahab MA.

KH Najamuddin berharap Dr Masykur Yusuf mampu mengembangkan dakwah MUI Sulsel ke depannya terutama masalah wakaf.

“Semoga ilmunya berkah dan bermanfaat,” kata Prof Najamuddin di sela kehadirannya. (Irfan)

The post Lulus Ujian Promosi Doktor, KH Masykur Yusuf jadi Tokoh Wakaf Baru MUI Sulsel appeared first on MUI SULSEL.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia