HIKMAH HALAQAH: Perintah Bersegera Dan Mengambil Shaf Pertama Dalam Shalat Berjamaah

hikmah-halaqah:-perintah-bersegera-dan-mengambil-shaf-pertama-dalam-shalat-berjamaah

Makassar, muisulsel.com – Salah satu rukun dalam agama Islam adalah perintah melaksanakan shalat lima waktu yang dikerjakan setiap harinya dalam sehari semalam sepanjang waktu. Hal itu telah menjadi kewajiban untuk seluruh umat Islam di seluruh dunia.

Dalam perintah melaksanakan shalat ini, kita diperintahkan untuk senantiasa melakukan shalat secara berjamaah utamanya di masjid. Hal tersebut memiliki banyak sekali keutamaan-keutamaan yang tidak di dapatkan jika dilakukan secara sendiri-sendiri.

Ketika kita hendak melaksanakan shalat berjamaah, sedapat mungkin kita bisa mendapatkan shaf pertama. Kita disunahkan untuk senantiasa menjaga agar mendapatkan takbir pertama imam dan ini adalah keutamaan tersendiri. Dianjurkan kepada kita untuk berada di dalam masjid sebelum waktu Iqamah dan ini adalah warisan dari para pendahulu-pendahulu ulama salaf.

Abdullah Ibnu Mas’ud selama hidupnya senantiasa konsisten dalam melaksanakan shalat berjamaah di masjid dan beliau berkata, “Bergegaslah dalam mendapatkan shalat itu, yang berarti sebelum imam bertakbir.” Hal ini disandarkan pada dalil dari Abu Hurairah ra bahwasanya Nabi Saw bersabda, “ Ketahuilah bahwa imam itu dijadikan imam untuk diikuti. Jika imam telah bertakbir, ikutlah bertakbir dibelakangnya.”

Pada bagian shaf-shaf itu ada masing-masinhg keutamaan dimana shaf terdepan itu lebih afdal dibanding shaf berikutnya. Namun shaf dikiri pun masih lebih afdal dibandingkan shaf sebelah kanan. Mengapa demikian?, lalu bagaimana keutamaan-keutamaan dari masing-masing shaf ini?.

Simak penjelasannya dalam tayangan berikut ini.

The post HIKMAH HALAQAH: Perintah Bersegera Dan Mengambil Shaf Pertama Dalam Shalat Berjamaah appeared first on MUI Sul Sel.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia