Laksanakan Umrah, KH. Ambo Asse Sempatkan Bersilaturahmi dengan Pelajar Sulsel di Madinah

laksanakan-umrah,-kh.-ambo-asse-sempatkan-bersilaturahmi-dengan-pelajar-sulsel-di-madinah

Madinah, muisulsel.com – Perkembangan Islam di Indonesia tak luput dari banyaknya pelajar-pelajar Indonesia yang menimbah ilmu di timur tengah. Selain Mesir, Kota Madinah juga saat ini menjadi salah satu pilihan untuk menuntut ilmu, utamanya pelajar asal Sulawesi Selatan.

Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulawesi Selatan Prof. KH. Ambo Asse melaksanakan ibadah Umrah untuk kesekian kalinya ke tanah suci. Terbangnya ke tanah suci terdengar oleh beberapa pelajar Sulsel di sana.

Para pelajar tersebut meminta Ambo Asse yang juga merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah untuk bisa bertemu dengan pelajar Sulsel yang sedang menuntut ilmu di kota Madinah. Pertemuan dengan pelajar Sulsel yang kuliah di Universitas Islam Madinah dilangsungkan di Hotel Dallah Taibah, Madinah, Sabtu (14/10/2022)

“Alhamdulillah bisa bersilaturrahim dengan anak-anak mahasiswa asal Sulawesi Selatan terutama yang pernah kuliah di Unismuh Makassar,” kata KH Ambo Asse yang juga Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel.

Ambo Asse mengungkapkan bahwa berada di Madinah dalam rangkaian ibadah umrah bersama keluarganya. Selain bertemu pelajar asal Sulsel, Ambo Asse juga bersilaturrahim dengan beberapa pengurus Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah (PCIM) yang ada di Madinah, diantaranya M Thariq Muttaqin (asal Kota Palopo), Hanif Abdullah (asal Kabupaten Gowa), Ashar Setiawan (asal Kabupaten Gowa), Masykur Al Abdi Madjidi SR (asal Kota Makassar), dan Erwin Febriadi Hamzah.

Ambo Asse sangat berbangga karena kelima orang tersebut adalah alumni Unismuh Makassar dan pernah belajar di Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar walaupun dari kelimanya hanya Erwin Febriadi Hamzah yang sempat menyelesaikan studi hingga jenjang sarjana. Erwin menyelesaikan pendidikan pada Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Agama Islam (FAI) Unismuh. Sebelum ke Madinah, Erwin juga mengenyam perkuliahan di Sudan, dengan beasiswa dari Kementerian Agama.

Dalam perbincangan bersama pelajar Sulawesi Selatan, Ambo Asse mendengarkan curhatan para pelajar ibarat seorang ayah mendengar curhat anaknya saat datang menjenguk di Pondok Pesantren. Beberapa informasi pendidikan di Madinah pasca covid menjadi trend topik agar para pelajar lainnya yang ingin juga belajar di sini dapat mengetahuinya sebelum ke Madinah.

Ambo Asse merespons baik curhatan para pelajar Sulawesi Selatan di Arab Saudi. Ia menitip pesan khusus agar para pelajar yang berasal dari Sulsel, setelah menyelesaikan studi dapat kembali mengembangkan pesantren yang ada di Sulsel

Turut hadir pula Ketua PCIM Arab Saudi Muhammad Hamka, dan Pengurus Majelis Pustaka dan Informasi PCIM Arab Saudi Muhammad Zakiy Askarulloh. (Asnawin/RZ)

The post Laksanakan Umrah, KH. Ambo Asse Sempatkan Bersilaturahmi dengan Pelajar Sulsel di Madinah appeared first on MUI Sul Sel.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia