HIKMAH HALAQAH: Kisah Pendeta Yahudi Masuk Islam Abdullah Bin Salam

hikmah-halaqah:-kisah-pendeta-yahudi-masuk-islam-abdullah-bin-salam

HIMAH HALAQAH: Kisah Pendeta Yahudi Masuk Islam Abdullah Bin Sala

Makassar, muisulsel.com – Terdapat banyak kisah-kisah para sahabat Nabi yang masing-masing memiliki cerita tersendiri, diantaranya ada sahabat yang dulunya seorang jawara yang sangat ditakuti seperti Umar bin Khattab, ada juga sahabat yang dulunya seorang penggembala kambing seperti Amru bin Ash, dan ada pula yang dulunya adalah seorang hamba sahaya seperti Bilal bin Rabah.

Kisah sahabat yang satu ini cukup menarik dimana dia dulunya adalah seorang pendeta yahudi yang sangat taat terhadap agamanya. Sepertiga hidupnya digunakan untuk beribadah, sepertiganya lagi digunakan untuk berkebun mencari nafkah dan sepertiganya digunakan untuk membaca dan menelaah serta mengkaji kitab Taurat.

Maka dari kegiatannya menelaah kitab Taurat ini Abdullah bin Salam menemukan sebuah sinyal akan kedatangan seorang Nabi yang terakhir yang akan diutus oleh Allah swt dan tempat yang akan menjadi sumber penyebarannya itu berada di Madinah sebagai pusat penyebaran dan berkembangnya sehingga ia pun mengetahui bagaimana sifat-sifat dan ciri seorang Nabi yang akan menjadi utusan Allah ini.

Ia pun senantiasa berdoa diberikan umur yang panjang agar bisa bertemu dengan Nabi Muhammad saw. Pada saat Nabi telah datang ke Madinah, ia pun merasakan suatu getaran yang hebat dalam dirinya dan sontak ia merasa yakin bahwa inilah Nabi yang di tunggu-tunggunya selama ini, walaupun sang bibinya mengatakan bahwa tidak mungkin itu seorang Nabi dan justru ia akan tertipu dan kecewa.

Setelah Abdullah bin Salam pergi menemui Nabi lalu memperhatikan dengan seksama semua ciri-ciri yang disampaikan dalam kitab Taurat, ia pun membaiat dirinya di hadapan Nabi dan menyatakan dirinya masuk Islam, dimana saat itu Abdullah bernama asli Husain bin Salam lalu Nabi mengganti namanya dengan Abdullah.

Ada sebuah kisah menarik dari cerita Abdullah bin Salam ini. Ia ingin mengungkap sifat-sifat asli dari orang Yahudi di hadapan Nabi yang mana hingga sekarang sifat itu masih melekat pada mereka. Bagaimana kisah yang menarik tersebut?, apakah benar sifat yang dikatakan oleh Abdullah bin Salam itu tetap masih melekat pada diri orang-orang yahudi pada umumnya?,

Simak selengkapnya dalam pengajian rutin MUI Sulsel.

The post HIKMAH HALAQAH: Kisah Pendeta Yahudi Masuk Islam Abdullah Bin Salam appeared first on MUI Sul Sel.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia