Awal Tahun Ajaran, Ini yang Wajib Diketahui Para Pelajar dan Mahasiswa

awal-tahun-ajaran,-ini-yang-wajib-diketahui-para-pelajar-dan-mahasiswa

Makassar, muisulsel.or.id – Memasuki tahun ajaran baru 2023/2024 mulai pendidikan sekolah hingga perguruan tinggi, banyak pelajar dan mahasiswa saat ini telah mempersiapkan dirinya untuk menerima pelajaran baru.

Prof Dr KH Muammar Bakry Lc MA mengingatkan para pelajar dan mahasiswa untuk memperbaiki niat dalam menuntut ilmu.

“Niat belajar itu bukan menyaingi orang atau lebih pintar dari orang lain bahkan Allah swt melaknat orang niat seperti itu. Tetap merendah diri dalam menuntut ilmu, ” katanya pada Kamis (13/7/ 2023).

Sekertaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel ini mengutip ayat dalam Alquran Surah Al-Mujadalah ayat 11 “Allah niscaya akan mengangkat orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat. Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Dalam ayat tersebut seharusnya dipahami bahwa hanya Allah swt yang mengangkat derajat seorang yang berilmu bukan manusia yang mengangkat derajat dirinya sendiri, jelasnya.

Selain memperbaiki niat KH Muammar juga mengingatkan kepada penuntut Ilmu agar senantiasa berdoa saat keluar menuntut ilmu maksimal dengan membaca basmalah.

“Jika kita sudah memperbaiki niat dan membaca doa sebelum keluar maka malaikat akan membentangkan sayapnya kerena rela dengan penuntut Ilmu. Sebagaimana dalam hadis nabi : “Terhadap Orang yang menuntut ilmu malaikat akan membentangkan sayapnya (menaungi), karena malaikat rela dengan ilmu yang dicari orang tersebut, ” jelasnya.

Selain mengingatkan pelajar dan mahasiswa ,orang tua juga harus berperan penting dalam membimbing anaknya agar tulus dalam menuntut ilmu,harapnya.

Irfan Suba Raya

 

The post Awal Tahun Ajaran, Ini yang Wajib Diketahui Para Pelajar dan Mahasiswa appeared first on MUI Sul Sel.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia