Kiai Ma’ruf: Pesantren Garda Depan Wujudkan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin

JAKARTA— Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang juga Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin, berharap pesantren akan menjadi garda terdepan dalam rangka mewujudkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin.

Kiai Ma’ruf menjelaskan jika dalam masa lalu pesantren dapat memiliki andil yang besar dalam perjuangan kemerdekaan, maka saat ini pesantren harus memiliki peran dalam mengisi kemerdekaan sebagai pusat pendidikan keagamaan, pusat dakwah, dan pusat pemberdayaan masyarakat.

Tak hanya itu, Wapres RI itu juga menjelaskan bahwa pesantren merupakan pusat dakwah bagi masyarakat yang berada di sekitar pesantren, bahkan beliau berharap jangkauan dakwahnya bisa menjangkau lebih banyak orang dengan memanfaatkan sarana dan media teknologi yang telah berkembang.

“Pesantren juga menjadi pusat dakwah, karena selama ini pesantren memang menjadi pusat dakwah, paling tidak bagi masyarakat sekitarnya. Bahkan ada pesantren yang jangkauannya lebih luas dari tempat pesantren itu didirikan. Dan saya harap dakwah kita juga lebih luas dengan adanya media komunikasi, media sosial,” katanya saat meresmikan Gedung Auditorium Ponpes Terpadu Darussyifa Al-Fithroh Perguruan Yaspida Sukabumi, Jawa Barat. Peresmian gedung yang menggunakan nama Wakil Presiden Indonesia, diresmikan secara daring, Kamis (27/5/).

Wapres menjelaskan pesantren juga bisa menjadi pusat pemberdayaan masyarakat, dalam rangka melakukan perbaikan-perbaikan di segala aspek, termasuk di dalamnya yaitu pemberdayaan di bidang ekonomi. Ponpes juga dalam perjalanannya harus bisa menjaga tradisi, melakukan transformasi, dan melakukan inovasi, secara berkelanjutan.

Dengan didirikannya Auditorium “K.H Ma’ruf Amin” ini, Wapres berharap gedung ini memberikan tambahan manfaat dan maslahat, bukan hanya bagi santri nya, tapi juga bagi masyarakat yang tinggal atau menetap di sekitar pondok pesantren.

“Melalui revitalisasi pembangunan gedung auditorium ini, sekaligus untuk merespons dan menjawab keinginan santri dan masyarakat sekitar sini. Saya mengharapkan berdirinya gedung auditorium yang megah ini dapat memberikan tambahan manfaat dan maslahat, tidak saja bagi para santri, tapi juga bagi masyarakat disekitar pondok pesantren,” kata Kiai Ma’ruf.

Selain itu, Wapres juga berharap agar pondok pesantren ini dapat memberikan kontribusi yang lebih luas dan lebih besar bagi kemajuan bangsa. “Pondok pesantren Darussyifa juga saya harapkan mampu memberikan kontribusi yang lebih besar lagi dan lebih luas lagi bagi kemajuan bangsa,” ujar dia. (Muhammad Saepudin/ Nashih)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia