Bagaimana Hukumnya Jika Muslim Ikut Melukat?

bagaimana-hukumnya-jika-muslim-ikut-melukat?

TANYAmuisulsel.com – Assalualaikum mau bertanya. Saat uni viral artis Melukat di Bali, atau melakukan ritual penyucian diri dengan mandi menggunakan air suci dimana hal ini dikenal sebagai ritual Umat Hindu untuk membersihkan jiwa dari hal negatif, kecemasan, dan refreshing

Bagaimana hukumnya jika Melukat dilakukan oleh Umat Muslim?

Oleh warga 0877250701xxx

JAWABAN:

Melukat dan semacamnnya haram bagi seorang muslim. Karena itu, mengkultuskan sesuatu tempat dan ritual yg merupakan perbuatan jahiliyah yang dilarang Allah dan Rasul-Nya, bernazar melakukan perbuatan baik di semua tempat boleh bila di tempat yang dinazarkan itu tidak dilakukan ritual jahiliyah, bila ritual jahiliyah ditemukan pada satu tempat maka itu sama dengan melakukan penyembahan berhala di tempat itu, dan ini sangat dilarang oleh Islam.

Sebagai contoh ada sahabat Nabi bernazar memotong onta di suatu tempat bernama buwanat, Nabi periksa pernahkah tempat itu dikultuskan ada berhala disembah atau semacamnnya, sahabat menjawab tidak pernah ada kultus di situ, maka Nabi bolehkan nazar sembelih onta tersebut, artinya bila ada kultus jahilyah di suatu tempat maka nazar di tempat itu di larang.

Selain itu, jika ritual ini mengarah pada ritual ibadah agama tertentu, maka sudah pasti kegiatan ini diharamkan, karena tasyabbuh (mengikuti) ritual agama lain. Jika itu dilakukan maka termasuk bagian darinya.

The post Bagaimana Hukumnya Jika Muslim Ikut Melukat? appeared first on MUI SULSEL.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia