Buya Amirsyah Ajak Umat Islam jadikan MUI Wadah Pemersatu Umat

RIAU – Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI) Buya Amirsyah Tambunan mengajak seluruh umat Islam untuk menjadikan MUI sebagai wadah pemersatu umat. Pernyataan itu disampaikan Buya Amirsyah pada saat menghadiri Halalbihalal di Mushola Baitul Mukminin (BM) BKDI Bali, (31/5).

Menurut Buya Amirsyah, tugas MUI mengawal umat akan lebih mudah jika umat Islam mau bersatu untuk menjadikan MUI sebagai pemersatu umat.

“Maka tugas MUI untuk mengawal kebersamaan dan kekompakan umat berdasarkan nilai–nilai silaturahmi yang kuat akan lebih mudah,” ujar beliau.

Selain itu, ia juga berharap acara silaturahmi ini tidak hanya sekadar bermakna simbolis saja, akan tetapi tetap harus ada implementasi nilai halal yang sejalan dengan prinsip syari’ah.

“Baik dalam mengkonsumsi makanan, munuman maupun perilaku yang sejalan dengan prinsip syari’ah dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syari’ah di Indonesia,” ungkapnya.

Selaras dengan hal tersebut, Ketua MUI Provinsi Bali Drs. KH. Makhrusun Merupakan.Pd juga menyampaikan bahwa untuk memperkuat persaudaraan umat, dapat dilakukan melalui ukhuwah Islamiyah, ukhuwah basyariah serta ukhuwawah wathaniyah, dengan umat dan bangsa menjadikan kuat dalam menghadapi berbagai tantangan baik yang datang dari dalam maupun dari luar sehingga umat tidak mudah di pecah belah oleh pihak lain.

Selain Buya Amirsyah dan Ketua MUI Provinsi Bali, acara tersebut juga dihadiri oleh Wayan Koster selaku Gubernur Provinsi Bali. Orang nomor 1 di bali ini selalu menyempatkan untuk hadir di setiap acara keagamaan. Menurutnya, ada vibrasi positif saat bertemu dan bertatap muka bersama orang-orang baik dan saleh.

(Dea oktaviana/Angga)



Leave a Reply

Yayasan Wakaf Darulfunun