Nasihat Kabid Fatwa MUI Sulsel untuk Irfan Hakim

nasihat-kabid-fatwa-mui-sulsel-untuk-irfan-hakim

Makassar, muisulsel.com – Ketua Bidang Fatwa MUI Sulsel Dr KH Ruslan Wahab MA menyampaikan nasihat untuk presenter sekaligus youtuber papan atas Indonesia, Irfan Hakim.

Nasihat terkait konten makan kripik pedas yang membuat Irfan tumbang, kemudian dia dan tim dilarikan darurat ke rumah sakit.

KH Ruslan mengingatkan, dalam Islam, kita tidak dibolehkan menganiaya diri sendiri. Ia mengungkapkan, mayoritas ulama berpendapat bahwa hukum melukai diri sendiri adalah haram.

“Dalam kaidah ushul fiqih agama kita dianjurkan menghindari musibah lebih baik daripada mencari kebaikan,” kata KH Ruslan melalui muisulsel.com, Sabtu (11/6/22).

Islam, lanjut KH Ruslan, menganjurkan menjaga lima perkara, di antaranya: perkara agama, nyawa, akal, harta, dan keturunan.

“Lima aspek ini harus menjadi pertimbangan dalam kehidupan. Lomba makan kerupuk pedas hanyalah mencari sensasi yang tidak ada manfaatnya dan melanggar kaidah kehidupan,” ujarnya.

Kiai Ruslan mengingatkan lagi, Islam sangat menjaga nilai-nilai kemanusiaan, sebagaimana Allah berfirman, “Dan infakkanlah (hartamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu jatuhkan (diri sendiri) ke dalam kebinasaan dengan tangan sendiri, dan berbuat baiklah. Sungguh, Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik (Al-Baqarah:195).”

Kronologi

Seperti diberitakan Kompas.com (8/6/2022), Irfan Hakim dan timnya mendapat perawatan darurat di rumah sakit seusai menyantap keripik superpedas.

Kripik pedas One Chip Challenge dari Bara Ilham Bakti Perkasa atau yang dikenal Tanboy Kun, YouTuber Indonesia dengan 15,9 juta pengikut.

Irfan dan tim tidak sampai diopname dan bisa beraktivitas lagi aktif di hari itu.

Irfan Hakim bercerita, ia memang mengundang Bara Ilham, ke rumahnya untuk membuat konten bareng.

Tanboy Kun menantang Irfan Hakim untuk makan keripik pedas One Chip Challenge yang diklaim terpedas di dunia, ditambah saus pedas.

“Saus satu sendok, keripik satu (lempeng),” ujar Irfan Hakim didampingi Tanboy Kun, dikutip kompas.com dari kanal YouTube deHakims Story, Rabu (8/6/2022).

Awalnya Irfan dan dua karyawannya mencicipi keripik pedas tersebut.

Begitu mencicipinya, Irfan memang sudah merasakan rasa pedas.

Kemudian dua karyawan Irfan lainnya mengikuti tantangan itu.

Setelah tiga menit sejak keripik itu masuk ke tubuhnya, Irfan semakin merasakan pedas dan perutnya mulas. Tim Irfan pun demikian.

Irfan tak merasa biasa saja kala menelan keripik berwarna hitam itu.

“Tiba-tiba panas, air mata keluar sendirinya, ingus keluar, keringat keluar,” ucap Irfan yang menyebut tenggorokan hingga perutnya menjadi panas kemudian.

Mendadak salah satu tim Irfan tumbang.

“Kaget banget dong! Langsung panik,” ungkap Tanboy Kun melihat hal tersebut.

Irfan muntah dan sempat ke kamar mandi tetapi tidak bisa buang air.

“Ini gue (perut) kayak dililit ditarik, kayak diperas terus ditarik. Sebelumnya juga jantung gue deg-degan gemetar banget,” jelas Irfan Hakim.

Irfan langsung meminta pertolongan kepada orang-orang di rumahnya.

Tiga karyawan Irfan lainnya juga satu per satu tumbang.

“Dan gue tambah panik, guys!” ucap Tanboy Kun lalu tertawa.

Irfan dan tim dilarikan ke rumah sakit. Meskipun tidak sampai pingsan, Irfan merasa sangat lemas.

Salah satu karyawan Irfan mengalami kaku jari tangannya saat tiba di rumah sakit.

“Tapi jujur, kita kepikiran mau mati,” timpal Irfan.

Setelah diinfus dan dirawat beberapa jam, Irfan dan timnya diperbolehkan pulang. Mereka juga diberi obat.

Penghasilan Besar

Irfan Hakim presenter ternama Indonesia dan pemilik channel YouTube dunia binatang bernama deHakims dengan 8,47 juta pengikut, dipantau Ahad (12/6/22) pagi.

Menurut berbagai sumber, channel YouTuber Irfan Hakim berkisar USD6,3-100,6 ribu per bulan atau USD75,4 ribu-1,2 juta per tahun atau setara Rp1,4 miliar.

Tanboy Kun? 15,9 juta subscribers, pantauan Ahad (12/6/22). Dialah Youtuber kuliner dengan pengikut terbanyak Indonesia.

Konten andalan Tanboy Kun ialah makan dengan porsi jumbo atau yang ekstrem. Kebanyakan makanan yang disantap, seperti ditayangkan Tanboy Kun di kanal YouTube-nya, yaitu makanan ekstra pedas.

Bara Ilham Bakti Perkasa kelahiran 18 November 1993 di Padang, Sumatera Barat.

Pria 28 tahun itu menyelesaikan pendidikan dasar hingga menengah di Padang, kampung halamannya

Ia merantau ke Depok, Jawa Barat saat mengenyam pendidikan tinggi di Universitas Gunadarma, jurusan Akuntansi.

Tanboy Kun memulai kariernya sebagai YouTuber sejak 2016 lewat konten makan makanan pedas dengan porsi besar. (muisulsel/irfan/ile/kompas.com/dehaKims/berbagai sumber)

The post Nasihat Kabid Fatwa MUI Sulsel untuk Irfan Hakim appeared first on MUI SULSEL.



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia