Sajadah Panjang di Sela-Sela KHI 2022, Upaya Para Ulama MUI Menyapa Umat

PANGKALPINANG— Perhelatan Konferensi Halal Internasional (KHI) di Pangkalpinang Bangka Belitung pada 14-18 Juni 2022 memang resmi ditutup pada Rabu (15/6/2022) malam. Kegiatan ini mencetuskan sembilan Resolusi Halal Dunia.

Namun, ada yang menarik dari perhelatan yang ditutup Wakil Ketua Umum MUI KH Marsudi Syuhud dan dihadiri jajaran pimpinan MUI tersebut, yaitu kehadiran para pengurus MUI dan peserta dalam acara KHI di Bangka Belitung ini dimanfaatkan juga untuk melakukan kegiatan dengan tajuk Sajadah Panjang.

Program dakwah keliling para pimpinan dan dai yan aktif di MUI untuk berceramah dan menyapa umat di sekitar Bangka Belitung.

Saat berbincang dengan MUIdigital Rabu malam, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, Kiai M Cholil Nafis, mengatakan, program semacam ini memang kerap dilakukan sebagai bentuk ikhtiar mendekatkan para ulama dengan umat. Termasuk memberikan edukasi dan sosialisasi terkait dengan problematika kikinian berikut dengan jawabannya.

“Menyosialisasikan keputusan-keputusan MUI yg sdg dibutuhkan umat, seperti Islam wasathi, mewaspadai alirat sesat dan soal hewan qurban yg terkena PMK,” ujar Kiai Cholil yang juga Pengasuh Pesantren Cendekia Amanah, Depok Jawa Barat ini.

Sementara itu, Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ahmad Zubaidi, mengatakan bahwa acara ini dimaksudkan agar masyarakat di sekitar Bangka Belitung dapat ikut merasakan adanya perhelatan KHI ini.

“Juga sebagai media MUI menyapa umat, sehingga umat merasa dekat dengan MUI dan selalu menjadikan MUI sebagai rujukan dalam merespons berbagai persoalan kekinian baik dalam masalah aqidah, muamalah, dan masalah kebangsaan,” ujar Kiai Zubaidi.

Lebih lanjut, kata Kiai Zubaidi, masyarakat menyambut dengan antusias hadirnya dai-dai MUI ini di sekitar Bangka Belitung. Dia berharap event-event besar MUI di daerah dapat selalu dibarengi dengan program dakwah keliling pengurus-pengurus MUI ke masjid-masjid sekitar dilaksanakannya suatu kegiatan.

Ketua Tim Teknis Sajadah Panjang MUI di Babel, KH Zakaria Khobir, menambahkan pelaksanaan dakwah yang berlangsung selama dua hari yaitu Rabu dan Kamis, 15-16 Juni 2022 ini, dilaksanakan pada waktu shubuh didahulu dengan sholat berjamaah.

Kiai Zakaria mengatakan, selain dirinya para dai dari unsur pimpinan dan pengurus MUI yang berpartisipasi dalam program ini yaitu KH M Cholil Nafis, KH Asrorun Niam Sholeh, KH Sholahuddin Al Aiyubi, Buya Amirsyah Tambunan, Buya Anwar Abbas, KH Sodikun, dan KH Abdullah Djaidi.

“Kita berharap kegiatan Sajadah Panjang ini bisa lebih mendekatkan MUI dan umat di akar rumput,” ujar dia. (Shafira Amalia, ed: Nashih)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia