Kapus PPMDTT : Tenaga Pendamping Profesional Saling Kolaborasi Menjadi Super Team

kapus-ppmdtt-:-tenaga-pendamping-profesional-saling-kolaborasi-menjadi-super-team

Bandar Lampung: Bertempat di Hotel Bukit Randu, Kota Bandar Lampung, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (BSDM PMDDTT) menggelar agenda Rapat Konsolidasi Pendampingan Masyarakat Desa di Provinsi Lampung, Senin-Rabu, 27-29 Juni 2022.

Kepala Pusat (Kapus) Pengembangan Pemberdayaan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PPMDDT), Dr. H. Yusra, M.Pd, disela-sela sambutan via daring (online) menyampaikan, agenda ini gelar dalam rangka menyediakan sumber daya manusia (SDM) Tenaga Pendamping Profesional (TPP) dan manajemen dalam hal perencanaan, pelaksanaan pendampingan masyarakat desa.

“Hasil jangka panjang pendampingan masyarakat desa ini untuk mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat yang sesuai esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Pesan dari Dr. H. Yusra, M.Pd selanjutnya, pelaporan dana desa harus dikawal dengan sebaik-baiknya oleh Tenaga Pendamping Profesional (TPP) secara berjenjang yang ada di lapangan dipantau terus oleh PLD, PD, TAPM Kabupaten, TAPM Provinsi, supaya tidak terjadi anomali.

“Dan yang tak kalah penting pesan dari Gus Menteri Desa PDTT RI, Dr. H. Abdul Halim Iskandar, pengawalan pemutakhiran SDGs juga menjadi prioritas, juga pendaftaran online BUMDesa berbadan hukum, supaya hasil lebih maksimal, semua TPP saling bersinergi, saling bahu-membahu dengan dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) setempat, baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten,” tutupnya.

“Saya berharap hasil konsolidasi ini bisa diterapkan di lapangan, saling menguatkan, saling berkolaborasi sehingga kita bisa menjadi super team, bukan super man,” tutupnya.

Para pemateri yang hadir dalam agenda tersebut antaralain; Dinas PMD Provinsi Lampung, BPSJ Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun, Bank BSI Cabang Lampung, PT Yuma Jakarta, perusahaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) mini untuk rumah tangga.

Rapat Konsolidasi Pendampingan Masyarakat Desa di Provinsi Lampung ini dihadiri TAPM Provinsi Lampung, Koordinator Kabupaten (Korkab) TAPM se Provinsi Lampung, perwakilan Koordinator Kecamatan (Korcam) Pendamping Desa, dan perwakilan Pendamping Lokal Desa (PLD).

Hadir pula, TA Managemen Nasional P3MD, Muhammad Arwani dan Choiril Akbar, Febrian Alyuswar selaku PPK dan panitia penyelenggara. (Akhmad Syarief Kurniawan)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia