Anugerah Syiar Ramadan 2022, Wujud Apresiasi KPI-MUI terhadap Siaran Inspiratif

JAKARTA— MUI Pusat kembali mengadakan Anugerah Syiar Ramadhan 2022. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan hasil kerjasama MUI dengan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Tahun ini, Kementerian Agama juga ikut terlibat.

Ketua KPI Pusat, Agung Suprio, menyampaikan bahwa anugerah syiar Ramadhan merupakan acara khusus yang dilaksanakan setahun sekali. Program tayangan televisi di bulan Ramadhan merupakan program paling lain dibanding bulan-bulan yang lain.

“Anugerah Syiar Ramadhan ini dilakukan setiap tahun sekali. Setiap bulan Ramadhan, televisi berlomba-lomba menghadirkan tayangan inspiratif selama satu bulan penuh, ” ungkapnya Jumat (01/07) dalam acara Anugerah Syiar Ramadan (ASR) 2022 di Auditorium TVRI, Senayan, Jakarta Pusat.

Ada 27 kategori penghargaan yang dianugerahkan pada acara tersebut. Berbagai stasiun televisi, radio, serta muda-mudi inspiratif hadir menerima penghargaan dengan nominasi beragam.

Agung menyebut, tayangan televisi yang penuh inspirasi pada bulan Ramadhan ini perlu diberikan apresiasi. Salah satunya, kata dia, adalah diberikan penghargaaan terhadap konten siaran yang inspiratif. Tayangan televisi di bulan Ramadhan selalu tampil beda dibandingkan bulan-bulan yang lainnya.

Pada setiap Ramadhan, Agung menyampaikan, KPI mengirimkan surat edaran (SE) kepada lembaga penyiaran baik televisi maupun radio. Lewat surat edaran tersebut, KPI ingin tayangan Ramadhan berisi syiar-syiar keagamaan yang mengajak kebaikan.

Agung berharap, tayangan Ramadhan bisa menjadi inspirasi untuk menelurkan program serupa pada bulan yang lain. Anugerah Syiar Ramadhan ini, tutur Agus, diharapkan bisa menjadi tontonan sekaligus tuntunan. Sehingga menjadi bekal kreativitas dan edukasi penyiran di Indonesia.

“Kami berharap, konten di Ramadhan bisa menginspirasi, membangkitkan semangat, dan membawa maslahah di Indonesia, ” ungka dia. (A. Fahrur Rozi/Azhar)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia