ITB Ahmad Dahlan Tawarkan Kerja Sama dengan TVMUI

JAKARTA—Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan (ITB-AD) Ciputat, Tangerang Selatan, menawarkan kerja sama konten visual dengan TVMUI.

Ketua Prodi DKV ITB-AD, Lyscha Novitasari, mengatakan, pihaknya merasa DKV ITB-AD sangat erat kaitannya dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

“Visi misi MUI kurang lebih dan bisa dikatakan selaras dengan MUI,”kata dia di Kantor MUI, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2022).

Lyscha menjelaskan, hal ini dikarenakan DKV ITB-AD lebih mengangkat keislaman dibandingkan dengan DKV yang berada di kampus lain.

Untuk itu, kata dia, DKV ITB-AD bisa berkolaborasi dengan TVMUI, Komisi Infokom, Lembaga Seni Budaya dan Peradaban Islam (LSBPI). “Saya rasa DKV (ITB-AD) ini harus ke MUI untuk mempertajam keilmuan keislamannya tersebut,”jelasnya.

Lyscha mengungkapkan, salah satu kerja sama yang telah disepakati yaitu mahasiswa DKV ITB-AD akan melakukan magang kerja di MUI.

Lyscha menambahkan, para mahasiswa tersebut akan diikut sertakan dalam kegiatan-kegiatan di MUI sesuai dengan bidang-bidang yang dibutuhkan terkait konten visual seperti vidiografer dan animator. “Selain itu juga, mungkin dari pihak MUI akan menjadi dosen tamu di kampus ITB-AD,”terangnya.

Sementara itu, Direktur TVMUI, Edi Kuscahyanto, menyampaikan pihaknya sangat merasa gembira menyambut ajakan dari ITB-AD untuk melakukan kerja sama dalam hal pelatihan dan pemagangan bagi mahasiswa.

“Kebetulan pengelola TVMUI ini sumber daya manusianya terbatas, sehingga bisa mengisi kekosongan dari yang ada di TVMUI. Tentu saja kita saling mengisi dan berkolaborasi,”ujarnya.

Edi menuturkan, apa yang tidak dimiliki DKV ITB-AD semisal dalam hal broadcasting, news prodaction, produksi program dan manajemen penyiaran, TVMUI akan memberikan pengetahuan kepada mahasiswa magang tersebut.

Hal ini, kata Edi, sesuai yang disyaratkan oleh Internasional Standar Organisasi (ISO) yang berlaku bagi MUI khususnya TVMUI agar kerja sama di luar lembaga-lembaga MUI ada MoU.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Sekretaris Komisi Informasi dan Komunikasi (Infokom) MUI, Iroh Siti Zahroh, juga menyampaikan pihaknya menyambut dengan baik rencana kerja sama dengan kampus ITB-AD.

Pada kesempatan ini, Iroh menyampaikan sosialisasi terkait rencana Infokom MUI mengadakan Kongres Mujahid Digital yang akan diawali dengan pra Kongres Mujahid Digital.

Dijelaskan oleh Iroh, gelaran pra kongres tersebut akan diisi oleh halaqoh Youtuber, festival dan lomba-lomba, antara lain lomba TikTok, lomba menulis status di media sosial, serta menulis artikel yang akan dipublikasikan di majalah mimbar ulama MUI.

Lebih lanjut, Iroh menjelaskan, pada gelaran pra kongres tersebut para pesertanya merupakan para alumni workshop mujahid digital bekerja sama dengan Kemen Kominfo yang telah dilaksanakan oleh MUI tahun 2021 lalu di enam titik secara offline.

Namun, lanjutnya, kegiatan ini juga dapat diikuti dari ormas maupun masyarakat umum sesuai dengan kriteria.

“Kami panitia sedang menyusun kriteria dan persyaratannya seperti apa. InsyaAllah dalam waktu dekat kita akan mempublikasikan hal tersebut,” kata dia.

Hal ini juga membuka kesempatan bagi mahasiswa ITB-AD untuk nantinya bisa mengikuti lomba-lomba tersebut.
Selain itu, Iroh menilai, tawaran dari pihak ITB-AD sangat bagus. Salah satunya lewat program magang dan mengirimkan hasil karya design yang akan dipublikasikan di MUI.

Iroh juga melihat hal menarik yang ditawarkan oleh pihak ITB-AD yaitu membuat komik-komik yang akan dipublikasikan terkait dengan materi yang diharapkan MUI.

“Jadi, kita menyambut baik tentang kerja sama ini. Kita siap untuk mereka magang, kita juga siap menerima karya-karya yang dihasilkan oleh mereka,” ujarnya. (Sadam AlGhifari, ed: Nashih)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia