TPP Kemendesa PDTT RI dan Kampung Badransari Lampung Tengah Siap Laksanakan Program P3PD

tpp-kemendesa-pdtt-ri-dan-kampung-badransari-lampung-tengah-siap-laksanakan-program-p3pd

Lampung Tengah: Bertempat di Balai Kampung Badransari, Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, jajaran aparatur kampung Badransari berserta kelembagaan kampung tersebut yang dipimpin oleh Kepala Kampung Badransari, Wibowo, SH, menerima rombongan tim dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (PMK) Kabupaten Lampung Tengah, Selasa (5/7/2022) siang.

Sekretaris Dinas PMK Kabupaten Lampung Tengah, Rizal Efendi, M.M, dalam pengarahannya, menyampaikan, agenda kami pada siang ini ke Kampung Badransari dalam rangka mensosisalisasikan pelaksanaan program nasional dari Jakarta, yakni dalam bentuk P3PD, Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD). Program nasional ini adalah kerjasama lintas kementerian dan lembaga antaralain; Kementerian Desa PDTT RI, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Bappenas, Menko PMK, dan Bank Dunia (Worl Bank).

“Program P3PD ini bertujuan meningkatkan kepasitas kelembagaan desa dalam memperbaiki kualitas tata kelola pemerintahan dan meningkatkan kualitas pembangunan desa. Adapun sasaran dari P3PD ini adalah semua unsur kelembagaan yang ada di Kampung Badransari, seperti; Kaur, Kasi, Kepala Dusun, BPK, LPMK, Karang Taruna, Tim Penggerak PKK, RT, Linmas, BUMK dan lain-lain,” tutupnya.

Kepala Kampung Badransari, Wibowo, SH, dalam sambutannya, menyambut baik program nasional ini dari Jakarta, Kampung kami ini adalah berbasis nelayan, perkebunan, persawahan, dan juga potensi desa wisata yang bernama Semenanjung Badran. Dan secara sosiologis kampung kami terdiri dari 3 (tiga) Dusun dan 7 (tujuh) RT, dan status Indeks Desa Membangun (IDM) pada tahun 2022 ini adalah Maju.

“Mudah-mudahan dengan adanya Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) ini bersama di fasilitasi oleh para Tenaga Pendamping Profesional (TPP) baik TA, PD maupun PLD dan stakeholder lainnya, akan lebih memotivasi dan meningkatkan tata kelola pemerintahan dan meningkatkan kualitas pembangunan Kampung Badransari ini untuk tahun dan seterusnya,” tutup alumnus Fakultas Hukum Universitas Lampung (Unila) ini.

Pendamping Desa (PD) Kecamatan Punggur, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, Akhmad Syarief Kurniawan, ditempat yang sama menambahkan, adapun lokus atau sasaran Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Kabupaten Lampung Tengah ada di 10 (sepuluh) Kampung, antaralain; Balairejo, Sri Agung, Liman Benawi, Sinar Luas, Pujo Asri, Rejo Asri, Saptomulyo, Badransari, Indra Putra Subing, dan Tanjung Anom.

“Agenda Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) di Kampung Badransari dihadiri oleh; Sekretaris Dinas PMK Kabupaten Lampung Tengah, Rizal Efendi, M.M, dan jajarannya, Kasi PPM Kecamatan Punggur, Dwi Apridawati, S.IP, Kepala Kampung Badransari, Wibowo, S.H dan aparatur kampung, BPK, LPMK, Karang Taruna, TAPM Lampung Tengah, Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD), dan lain-lain,” tutupnya. (Akhmad Syarief Kurniawan)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia