Rumah UMKM Halal Hub Wakaf MUI Mulai Ekspor Komoditas ke Arab Saudi

JAKARTA— Rumah UMKM yang dibangun Lembaga Wakaf MUI di Sidoarjo, Jawa Timur, mengekspor hasil produksi sebanyak 6 ton yang bernilai 1 juta Dollar AS ke Arab Saudi.
Pelepasan ekspor tersebut dilakukan secara simbolik dengan pemecahan kendi oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, pada Sabtu (1/10/2022) lalu di Kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur.

“Total ekspor kami sebanyak 5 kontainer dan hasil yang diproduksi dari UMKM Halal Hub Sidoarjo sebanyak 6 ton,” kata CEO Goorita, Juwono Wicaksono, dalam keterangannya, kepada MUIDigital, Rabu (5/10/2022).

Lembaga Wakaf MUI menggandeng platform digital Goorita sebagai manajemennya yang sudah berpengalaman dalam pengelolaan produk ekspor, hingga pemasaran ke luar negeri.

Produk UMKM yang diproduksi dan dikemas di rumah UMKM Halal Hub Wakaf MUI ini antara lain tepung beras, tepung singkong, dan tepung ubi.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengapresiasi upaya yang dilakukan Goorita.

Zulkifli berharap, UMKM Halal Hub dapat menjadi katalisator bagi UMKM di Indonesia.
“Sehingga dapat lebih berperan di pasar internasional dan secara khusus juga dapat mewujudkan Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia,” kata Zulkifli Hasan yang juga Ketua Umum PAN ini.

Pada kesempatan ini, Ketua MUI Bidang Ekonomi, Lukmanul Hakim, berharap UMKM Halal Hub ini dapat membantu produk UMKM Jakarta agar naik kelas.

Selain itu, kata Lukman, diharapkan menjadi daerah percontohan dalam mengembangkan produk halal di daerah menuju pasar global.
“Sehingga, mewujudkan Indonesia menjadi negara produsen halal nomor satu dunia,” ujarnya.

Lukman mengatakan, UMKM Halal Hub memang disiapkan untuk mendukung Indonesia menjadi pusat industri halal dunia 2024.

Halal Hub didirikan para pelaku usaha ekspor berbasis platform digital dan dicanangkan oleh Wakil Presiden RI KH Maruf Amin pada Januari 2022 lalu.

“UMKM Halal Hub juga diharapkan menjadi hamzah washal atau (penjamin komoditas) yang bisa mengakselerasi hilirisasi produk pertanian, perkebunan, keluatan serta produk kreatif daerah. Sehingga menjadi produk yang bisa dipasarkan secara global,” kata Lukman yang juga staff khusus Wakil presiden ini.

Dalam pelepasan ini hadir Direktur Eksekutif DEKS Bank Indonesia Arief Hartawan, Sekjen Kemendag Suhanto, Dirjen Pengembangan Ekspor Kemendag Didi Sumedi, serta Konjen Jeddah KBRI Eko Hartono dan ITPC Jeddah Muhammad Rivai Abbas. (Sadam, ed: Nashih)



Leave a Reply

Wakaf Darulfunun – Aamil Indonesia